web analytics

SUS Resmi Dinamai Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA)

29 March 2013   654 views

Gedebage 2Gelora Bandung Lautan Api (BLA) resmi ditetapkan menjadi nama Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung, kemarin.

Seperti diketahui, setelah melalui pengkajian akademis oleh tim LPM Unpad pimpinan Profesor Nina Herlina Lubis, tiga opsi nama pun dipolingkan melalui media massa Kota Bandung. Jajak pendapat pemilihan nama ini berlangsung sejak 4-22 Maret melemparkan opsi Gelora diikuti 14.777 pengirim pesan pendek atau SMS. “Di antaranya sebanyak 14.526 (83,3%) memilih Gelora BLA, Gelora Gedebage peroleh 2.047 pemilih (11,7%), dan 871 (5%) SMS memilih Gelora Rosada,” kata Wakil Ketua DPRD Teddy Setiadi, kemarin.

Melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD siang harinya, nama itu telah ditetapkan dan kemudian diumumkan di sidang paripurna untuk diseerahkan kepada eksekutif. “Melalui Bamus hari ini telah ditetapkan, maka diumumkan Gelora BLA dapat suara paling banyak. Karena itu, secara resmi nama SUS di Kecamatan Gedebage menjadi Gelora Bandung Lautan Api,” ujar Teddy disambut tepuk tangan meriah peserta sidang.

Draf keputusan DPRD kemarin segera diserahkan ke Wali Kota Bandung Dada Rosada untuk segera dibuatkan peraturan wali kota (perwal). Dia pun berharap eksekutif tidak mementahkan lagi proses pencarian nama SUS di Gedebage. “Kalau kami sudah selesai. Ini sudah vonis. Keputusan kami dalam paripurna tetaplah Gelora Bandung Lautan Api. Kalau kita sudah melalui proses panjang, menjaring aspirasi masyarakat, berdasarkan poling, saya pikir sudah selesai sehingga dituangkan dalam keputusan DPRD,” ujar Teddy.

Mekanisme dalam memberi nama sebuah tempat memanglah harus disahkan oleh Wali Kota. PemkotBandungpunmengaku akan menghargai hasil poling ini. “Mekanismenya sudah ditempuh, hasilnya memilih Bandung Lautan Api harus dihormati. Tahapan berikutnya akan segera ditempuh,” kata Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda usai menghadiri sidang.

Apalagi, kata dia, aspirasi masyarakat telah dilibatkan sejak perencanaan hingga jajak pendapat penamaan. “Yang jelas, sudah melakukan proses dengan melibatkan tim ahli, sampai publikasi dan sosialisasinya melibatkan masyarakat. Saat menentukan nama juga diikutkan,” ucapnya. Penamaan SUS ini telah menempuh jalan panjang sampai akhirnya dipolingkan.

Nama belakang Wali Kota Bandung Dada Rosada sempat diusulkan berbagai pihak untuk melekat di nama SUS ini. Bahkan, Menteri Pemuda dan Olah Raga juga menyumbangkan pendapat untuk menamai stadion dengan nama Soeratin. Pembangunan stadion sendiri sudah memakan waktu sekitar tiga tahun, dan rencananya April akan ada seremonial pembukaan SUS. gita pratiwi.

Sumber : koran-sindo.com

Foto : sinauwerno-werno.blogspot.com

Masukkan 468x60c kode banner di sini

Komentar

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar ...!






8 + 2 =

PERSIB

Konate: Insya Allah Musim ini Persib Menang di Gresik

GRESIK United di kandangnya sulit dikalahkan Persib. Setidaknya itu terjadi di dua... 

Sejarah Hari Ini (17 April): Persib Juara Perserikatan Terakhir, 1994

Tepat hari ini, 20 tahun yang lalu digelar laga bersejarah di kompetisi sepakbola... 

Persib Bandung Siap Hadapi Tantangan Ajax Amsterdam

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman mengaku senang timnya direncanakan akan... 

Informasi Sebelumnya