web analytics

Kuliner Pa’piong dan Kopi Khas Tana Toraja

13 July 2013   815 views

Wisata kuliner Tana Toraja merupakan kegiatan wisata yang dapat menikmati hasil masakan khas tradisonal masyarakat asli Tana Toraja. Ada banyak restoran, warung, yang dapat kita jumpai pada saat kita mengunjungi daerah Tana Toraja.  Menu masakan asli masyarakt Tana Toraja yang dapat kita cicipi adalah pa’piong ayam sayur, sayur daun ubi yang ditumbuk, sate keong, puding labu dan masih banyak menu makanan khas lainnya. Namun, di sini kita akan mendapatkan menu masakan tradisonal yang disajikan dengan menggunakan media alas daun pisang.

Resep Pa’piong Tana Toraja………..

Untuk resep atau cara pengolahan makanan tradisional Pa’piong asli Tana Toraja. Masakan ini dimasukkan ke dalam bambu yang berisi salah satu dari jenis daging babi, daging kerbau, atau pun daging ikan mas. Dan di campur dengan sayur dan bumbu.

Pa’piong Ayam (Sumber)
Lanjut,,,,,,,,,
Sayurannya (disebuat utan bulunagko) atau sayur mayana yang terkadang menggunakan buah nangka muda atau batang pisang. Bumbu sayur dicampur dengan garam, jahe, daun bawang dan cabe. Terkadang daging kerbau, daging babi,  atau pun daging ikan mas tersebut ditambahkan darahnya dan dicampurkan dengan daging yang telah di potong kecil, sayur dan bumbu.
Pa’piong Tana Torja.

Setelah semuanya tercampur rata, lalu dimasukan ke dalam tabung-tabung bambu muda yang telah dipostong sepanjang ruasnya. Selanjutnya, bambu ditutup remasan daun pisang lalu di bakar langusng di atas perapian dengan kayu yang tidak mudah terbakar langsung, bambu dibentangkan melintang dan kedua ujungnya ditopang untuk menyandarkan bambu tersebut.

 

Kopi Tana Torja

Kopi Tana Toraja………….

Tidak lengkap jika kita berkunjung ke Tana Toraja tanpa menikmati kopi Tana Toraja. Karena hal ini merupakan ciri khas dari masyarakat Tana Toraja dan sangat dikenal dikalangan pecinta kopi. Kopi Tana Toraja merupakan jenis kopi arabika (Coffe arabica) yang dapat tumbuh baik di dataran ketinggian 700 – 1.700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 16 – 20 derajat celcius, beriklim kering selama 3 bulan berturut-turut.

Bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang akan melakukan perjalanan wisata ke Tana Toraja, dapat mencoba menu dan makanan ciri khas masyarkat tradisional Tana Toraja tersbut. Namun, saran penulis bagi masyarakat muslim yang akan melakukan perjalanan wisata ke Tana Torja, sebaiknya untuk menemukan lokasi tempat wisata kuliner di Tana Toraja dapat bertanya terlebih dahulu lokasi tempat jajan pasar yang memiliki tingkat masakan dengan kehalalannya kepada masyarakat setempat atau pun kepada pemandu wisata yang berada di lokasi tersebut, atau mencri tahu bagaimana mendapatkan  tips mencari rumah makan.

Dan bagi rekan serta sahabat yang akan melakukan perjalanan wisata Tana Toraja, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tempat penyewaan kendaraan yang dapat membantu mempelacar perjalanan wisata Tana Toraja anda dengan mereservasi tempat rental mobil di daerah sana. 

Bagi yang suka melakukan wisata belanja Tana Toraja, maka ada baiknya para sahabat yang akan menjalankan wisata Tana Toraja untuk ke daerah Pasar Bolu.

Tana Torja ,Sulawesi Selatan, Indonesia. memiliki berbagai macam suguhan masakan tradisional yang dapat dinimati oleh para wisatawan yang mengunjunginya. Dengan beragam cerita unik dan keindahan panorama alam yang dapat kita nikmati wisata Tana Toraja. Tempat penginapan murah di Tana Toraja.

sumber:vivanews

Komentar

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar ...!






8 + = 17