Peresmian dan Pelantikan Forum UMKM Kecamatan Caringin

oleh

umkm-caringinPara pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor khususnya di Kecamatan Caringin, kini jangan takut usahanya macet. Para pelaku UKM bisa masuk dan bergabung di Forum UMKM Kecamatan Caringin.

Forum tersebut menjadi wadah yang siap memasilitasi dan membina agar para pelaku UKM mudah dalam berkomunikasi, mendapatkan informasi, mendapatkan pelatihan, mengakses permodalan, hingga membantu mengemas dan memasarkan produk.

Peresmian dan Pelantikan Forum UMKM Kecamatan Caringin dilangsungkan di GOR Caringin, Selasa (22/3/2016). Acara dihadiri Kabid UMKM Diskoperindag Kabupaten Bogor, Aziz : Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Haikal : Camat Caringin, Rumambi, Ketua Forum UMKM Kecamatan Caringin, Bagas Jonathan : dan Himpunan Pengusaha Kecamatan Caringin (HPKC).

Ketua Forum UMKM Kecamatan Caringin, Bagas Jonathan melalui Ketua Bidang Kemitraan dan Manajemen Usaha,
Dadan Darmawan, mengatakan, meski baru diresmikan saat ini anggotanya telah mencapai 70 pelaku UKM. “Potensi UKM di Caringin itu banyak. Bagi yang mau bergabung tinggal datang ke Forum, mengisi formulir dan pendataan. Kami ingin semua pelaku atau pengusaha UKM proaktif datang ke Forum. Kami melakukan pendataan potensi dan kendala yang dihadapi termasuk memasilitasinya,” katanya, seperti dikutip Hallobogor.com.

Menurut Dadan, sejak lama kesulitan permodalan sudah menjadi persoalan klasik namun sekarang sudah banyak lembaga-lembaga permodalan maupun perbankan yang siap membantu termasuk memanfaatkan bantuan dana pemerintah.

Camat Caringin, Rumambi, berharap, melalui peresmian dan pelantikan Forum UMKM ini semua usaha UKM di wilayahnya lebih maju, lebih sejahtera, dan ada peningkatan baik dari sisi proses olahan sampai kemasan yang menarik agar diminati konsumen. Sebab, saat ini masih banyak produk UKM yang asal jadi dan tak memperhatikan kemasan.

“Kami juga akan upayakan agar semua produk UKM di Caringin berlabel halal. Kami akan koordinasi dengan MUI,” katanya.

Dari sisi pemasaran, kata Rumambi, pihaknya juga akan membantu promosi dan berkoordinasi dengan HPKC, Dekranasda, dan para pengusaha wisata dan perhotelan.

Selain melalui cara konvensional, Forum UMKM juga membuat website www.belimodal.com sebagai wadah informasi dan pemasaran.

(Halloapakabar.com)