Laksa Makanan Khas Bogor yang Legedaris

by

Mungkin anda belum pernah mencoba makanan khas Bogor yang satu ini, atau pernah dengar tapi belum pernah mencicipinya. Adalah laksa, itulah makanan khas Bogor.

Laksa sudah jarang ditemui di wilayah Bogor ini, paling di daerah-daerah tertentu, misalnya gang Aoet. Laksa terbuat dari uli singkong ditambah tauge (toge), oncom, mie, tahu, ditambah lagi daun kemangi, kecap dan kerupuk.

Adalah pak Suminta (75 tahunan), dia berdagang laksa mulai tahun 1956, dari kecil dia sudah dagang laksa di Sentiong Jakarta. Jaman sudah berubah dan usia pun mulai bertambah akhirnya 2012 dia pindah lagi ke Bogor. Sempat vakum beberapa bulan dan akhirnya berdagang lagi keliling kampung.

“Berdagang laksa di kampung lebih enak, sambil menikmati sisa hidup, udara di sini seger” kata pak suminta. Dia biasa keliling di sekitar Desa Cibitung Tengah kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Desa ini mendapat predikat Desa Sehat kategori Ketahanan Pangan tahun 2017. “Kalau dulu waktu jaman di Jakarta mah laksa makanan orang-orang kaya. Sekarang mah siapapun bisa beli, harganya juga 5.000 rupiah.” katanya. (Az raxal)