Fungsi Gunung terhadap Bumi dalam Penjelasan Alquran dan Sains

oleh

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari gunung bagi Bumi dan penghuninya. Manfaat gunung salah satunya ialah menjaga ekosistem alam di Bumi.

Buku ‘Amazing!!! Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran‘ menjelaskan, ketika air hujan turun deras, gunung mampu mengalirkan air hujan lewat celah-celah bebatuannya. Hal ini bisa menghindari musibah banjir dan tanah longsor.

 

Ada beberapa gunung yang menyimpan kekayaan tambang batu bara, emas, perak, besi, timah, dan barang berharga lainnya. Selain itu, banyak tanaman yang hanya hidup di gunung berguna untuk bahan obat-obatan atau lainnya.

Bebatuan yang ada di gunung bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Bisa juga dibuat sebagai pahatan atau perabotan keluarga.

Adanya gua di dalam gunung juga berfungsi sebagai tempat tinggal bagi penghuni gunung agar terhindar dari panas dan hujan. Gunung juga melindungi penghuni yang tinggal di kaki gunung dari angin besar yang menerpa.

Fungsi lainnya sebagai pasak bagi Bumi agar planet tetap kukuh atau tidak berguncang. “Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak berguncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,” bunyi Surah An-Nahl Ayat 15.

[techno.okezone.com]