Messi loloskan Argentina ke PD 2018, Belanda tersingkir

oleh

Argentina lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mengalahkan Ekuador 3-1, sementara tim ‘Oranye’ Belanda gagal tampil di Rusia setelah hanya menang 2-0 dari Swedia.

Dengan kemenangan atas Ekuador, Argentina berada di posisi tiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin, sekaligus lolos ke ajang kejuaraan sepak bola dunia di Rusia tahun depan.

Selain Argentina, Uruguay dan Kolombia juga memastikan lolos ke final piala dunia di Rusia setelah menyelesaikan laga yang berakhir Rabu dini hari WIB. Uruguay mengungguli Bolivia 4-2, sementara Kolombia menahan seri Peru 1-1.
Dengan kemenangan atas Ekuador, Argentina berada di posisi tiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin, sekaligus lolos ke ajang kejuaraan sepak bola dunia di Rusia tahun depan.

Adapun Chile dipastikan gagal tampil di piala dunia tahun depan setelah ditaklukkan Brasil 0-3. Brasil sendiri sudah dipastikan lolos ke Rusia. Sementara Peru harus memasuki babak playoff.

Dalam laga hidup-mati, Argentina harus kecolongan terlebih dulu saat laga baru berjalan sekitar 38 detik. Pemain depan Ekuador, Romario Ibarra, membobol gawang Romero.

Namun di menit 11, Argentina menyamakan kedudukan melalui kaki Lionel Messi, setelah menerima umpan panjang dari Angel Di Maria. Dan tujuh menit kemudian, bintang Barcelona itu membuat Argentina unggul 2-1.

Gelandang serang, James Rodriguez, mencetak gol di menit ke-56, tetapi Peru memaksa laga berakhir seri setelah tendangan bebas Jose Paolo Guerrero tidak mampu ditepis kiper Kolombia.

Gol ketiga Messi lahir di menit 62, setelah menerima bola sekitar 40 meter di depan gawang lawan, dan melewati beberapa pemain sebelum membobol gawang Ekuador.

Sementara, Kolombia lolos ke Piala Dunia setelah menahan seri Peru 1-1. Gelandang serang, James Rodriguez, mencetak gol di menit ke-56, tetapi Peru memaksa laga berakhir seri setelah tendangan bebas Jose Paolo Guerrero tidak mampu ditepis kiper Kolombia.

Gol Guerreo ini menghancurkan impian Chile untuk tampil di piala dunia, setelah Claudio Bravo dkk dikalahkan Brasil 3-0.

Di waktu hampir bersamaan, Uruguay mengungguli Bolivia 4-2 sekaligus memastikan lolos ke final piala dunia. Dalam laga ini, Luis Suarez mencetak dua gol

Belanda tersingkir, Portugal lolos

Timnas Belanda gagal tampil di Piala Dunia Rusia setelah hanya menang 2-0 atas Swedia. Untuk tampil di Rusia, mereka minimal harus menang 7-0.

Arjen Robben, kapten timnas Belanda, mencetak dua gol dalam laga melawan Swedia, sekaligus gol terakhirnya untuk timnasnya setelah dia menyatakan mundur dari laga internasional.

Timnas Belanda gagal tampil di Piala Dunia Rusia setelah hanya menang 2-0 atas Swedia. Untuk tampil di Rusia, mereka minimal harus menang 7-0.

“Tidak mudah untuk membuat keputusan ini, tetapi usia saya sudah menginjak 33 tahun, dan itu artinya saya harus lebih fokus ke klub yang saya bela,” kata Robben, usai laga.

Bersama timnas Belanda, Robben melakukan debut pada 2003 dan telah memperkuat sebanyak 96 kali dan mencetak 37 gol.

Dalam laga kualifikasi zona Eropa lainnya, Portugal dan Prancis memastikan lolos ke Rusia setelah meraih angka penuh dalam laga pada Rabu dini hari.

Prancis mengalahkan Belarusia, sementara Portugal mengalahkan Swiss 3-0.

Delapan negara lainnya, yaitu Italia, Swedia, Kroasia, Yunani, Irlandia Utara, Republik Irlandia, serta Swiss harus melalui babak playoff untuk dapat tampil di Rusia.

(BBC.com)