Agar Daging Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk Lakukan Hal Ini

oleh

Cita rasa ayam kampung dikenal lebih gurih dan bertekstur dibanding ayam potong biasa. Akan tetapi yang jadi kendala adalah waktu memasaknya yang jauh lebih lama dibanding ayam potong.

Itu disebabkan oleh daging ayam kampung yang liat serta lama empuk, sehingga membutuhkan waktu masak sampai lebih dari dua jam. Tentu sangat tidak efisien, apalagi harga gas untuk memasak makin mahal belakangan ini.

Tapi jangan khawatir, ini ada beberapa tips memasak ayam kampung yang bisa Anda ikuti, tanpa perlu menggunakan panci presto. Anda yang tak memiliki panci tersebut pun bisa lebih cepat masak aneka resep berbahan ayam kampung juga:

Potongan tebu

Ambil beberapa potongan tebu yang telah dihilangkan kulit luarnya, lalu rebus bersama dengan ayam kampung. Cara ini membantu melunakkan daging ayam lebih cepat.

Rendam dengan bumbu

Sebelum diungkep dengan bumbu, lebih dulu ayam kampung yang telah dipotong kecil itu direndam dalam bumbunya. Diamkan 30 menit hingga meresap lalu ungkep sampai matang. Cara ini membuat bumbu lebih meresap, daging lebih empuk, dan cepat matang.

Air kelapa

Rebus ayam kampung dengan air kelapa tua saat hendak dimasak, selama sekira 30 menit atau lebih. Cara tersebut membuat daging lebih gurih dan juga cepat empuk. Dengan ini maka bisa memotong waktu masak Anda sampai setengahnya, dan hasilnya juga lebih enak. Selamat mencoba.

(sidomi.com)