Aher targetkan sebar 100 juta benih Ikan di Jabar

oleh

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menargetkan tahun 2018 penebaran benih ikan di perairan umum di Provinsi Jabar mencapai angka 100 juta ekor.

“Kemarin telah kami menebar 2,5 juta ekor benih ikan di Setu (situ) Pengasinan, Sawangan, Kota Depok. Tahun 2018 atau diakhir masa jabatan, saya targetkan 100 juta benih ikan kita tebar di Jabar,” kata Gubernur Aher, di Bandung, Jumat.

Aher mengatakan, penerbaran benih ikan di perairan umum seperti di waduk, situ, embung dan sungai-sungai merupakan program yang telah dijalankannya sejak tahun 2016.

“Hingga akhir tahun 2017 telah tersebar sebanyak 51 juta ekor benih ikan berbagai jenis,” kata dia.

Di awal tahun 2018 ini, Setu Pengasinan di Kota Depok yang memiliki luas 7 hektare ini menjadi tempat pertama penyebaran benih ikan oleh Gubernur Aher bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar serta para kepala FKPD Kota Depok dan masyarakat.

Dari 2,5 juta benih ikan tersebut selanjutnya akan disebar ke berbagai perairan umum dan jumlah benih ikan yang ditebar di Setu Pengasinan sendiri berjumlah 750 ribu ekor.

Menurut Aher, penebaran benih ikan ini memiliki banyak manfaat karena elain baik bagi kesehatan karena masyarakat dibebaskan untuk mengambil ikan setelah dewasa dengan cara memancing atau menggunakan jala, disaat yang sama hal tersebut juga akan menghadirkan biota air yang lebih banyak dan ikan akan mengkonsumsi plankton-plankton yang ada di perairan tersebut.

“Hasilnya ternyata banyak masyarakat dengan menggunakan pancingan dan jala ada yang dapat 12 kg, ikannya macam-macam seperti ikan mas, ikan asin, patin dan lainnya. Berarti perairan umum itu memang menyediakan pakan alami dalam jumlah yang banyak, kalau tidak ditebarkan ikan kan jadi tidak bermanfaat,” kata dia.

Ia mengatakan pada saat yang sama penaburan benih ikan ini juga akan menghadirkan biota air yang lebih banyak lagi yang berguna bagi kesehatan masyarakat.

“Pokoknya kalau kurang akan kita tambah lagi sampai saya selesai jadi Gubernur targetnya 100 juta ekor. Ini adalah sebuah pengalaman yg akan ditularkan ke berbagai tempat,” ujar dian.

(Antaranews Jabar)