Puji Lini Depan yang Semakin Tajam, Mario Gomez Akan Datangkan 4 Pemain Lagi untuk Persib

oleh

Sejak Desember 2017, Persib Bandung diarsiteki oleh Mario Gomez.

Pada awal masa bergabung dengan Maung Bandung, pelatih asal Argentina enggan sesumbar untuk meraih titel di musim perdananya.

Ketika itu, Mario Gomez mengatakan akan bekerja keras membangun Persib Bandung setahap demi setahap.

Setelah tiga bulan berjalan, ia mengaku sebagian besar sudah berjalan sesuai rancangannya.

Persiapan tim yang sesuai rencana itu bukan berkat perannya semata melainkan juga orang-orang di sekitarnya.

“Kamu tahu, ketika kami membangun sebuah tim, bukan hanya saya seorang, ada staff pelatih lainnya,” katanya Mario Gomez sesudah memimpin latihan di GOR Pajajaran, Senin (5/3/2018).

Meski begitu, perkembangan Persib Bandung selama berada di bawah kendalinya belum mencapai level terbaik.

“Selama ini yang kami lakukan cukup baik tapi bukan sangat baik. Kami sering terkendala oleh lapangan, kami harus pergi ke Jogja, berlatih di sana,” ujarnya.

Menurutnya, tiba saatnya Pangeran Biru diuji dalam sebuah pertandingan tanpa masalah lapangan lagi.

“Kami sekarang di sini (Bandung), dan yang kami perlukan saat ini adalah bermain,” kata Mario Gomez.

Sejauh ini, ucapnya, Atep cs selalu mengasah kemampuan umpan silang, mempertahankan bola, serta melakukan variasi serangan untuk membuat gol.

“Seperti di pertandingan terakhir (lawan Perserang) kami bisa mencetak enam gol tapi total peluangnya ada 12. Kami harus mengoptimalkan minimal 50 persen dari peluang yang diciptakan untuk menjadi gol,” kata mantan pelatih Djohor Darul Takzim (JDT) di Liga Malaysia itu.

Menurutnya, penyelesaian akhir Pangeran Biru makin memperlihatkan kemajuan berarti, setidaknya lebih baik dibandingkan pascakegagalan di Piala Presiden 2018.

“Saat kalah dari 2-0 PSMS Medan di Piala Presiden, kami mempunyai 9 peluang tapi kita tak bisa mencetak gol,” ucap Mario Gomez.

Ia berharap penyelesaian akhir terus meningkat hingga mampu mencetak gol 80 persen hingga 90 persen dari total jumlah peluang.

“Sekarang, kami mungkin menciptakan 10 peluang, dan 5 harus menjadi gol. Kami harus bisa tingkatkan lagi, misalkan kami menciptakan 10 peluang, harus menjadi 9 gol,” kata Mario Gomez.

“Ini yang dimaksud, peningkatan bagaimana kita mempertahankan bola, tapi sekarang kita perlu bermain,” ucap pelatih asal Argentina itu. (*)

Datangkan 4 Pemain

Selama masa kepelatihan Mario Gomez, Persib Bandung belum pernah sekalipun beruji coba dengan tim yang levelnya seimbang.

Di luar dari pagelaran Piala Presiden, Persib selalu menghadapi lawan yang berasal dari kasta yang lebih rendah.

Meskipun meraih hasil cukup memuaskan karena mampu meraih 9 kemenangan dari 11 laga yang sudah dijalani, Mario Gomez merasa masih butuh pemain baru.

“Tim ini sekarang jauh lebih baik tapi kami perlu mendatangkan lagi beberapa pemain,” ujar Mario Gomez sesudah memimpin latihan Persib di GOR Pajajaran, Senin (5/3/2018).

Pelatih asal Argentina itu menyebut timnya baru mempunyai sekitar 23 pemain untuk tampil di Liga 1 2018 atau Piala Indonesia 2018.

“Minimal, kami menambah 3 atau lebih pemain lokal dan 1 striker (asing),” kata Mario Gomez.

Saat ini, Persib Bandung memiliki sekitar 20 hari menuju Liga 1 2018 dimulai.

“Namun akan terasa sangat singkat, karena tanggal 25 (Maret) akan datang dengan cepat, mungkin dalam waktu 19 hari kita akan memulai kompetisi dan kita perlu bekerja lagi,” ujarnya.

Ia kembali menegaskan, dengan sisa waktu yang kurang dari satu bulan itu, Persib Bandung masih membutuhkan pemain anyar.

Pelatih asal Argentina itu berharap, sebelum liga dimulai, tambahan pemain baru sudah terpenuhi.

(jabar.tribunnews.com)