PANTURA SIAGA: Rakor Pengamanan Arus Mudik Digelar

by -5 views

CIREBON: Rapat koordinasi beberapa Polres di wilayah Pantura Jabar dan Brebes Jateng kembali digelar untuk pengamanan arus mudik pada idul fitri 1433.

Rapat kordinasi difasilitasi oleh Badan Kordinasi Pembangunan dan Pemerintahan (BKPP) Wilayah Cirebon, dan dilaksanakan di Gedung Negara Kota Cirebon, Jumat (27/7), yang dihadiri sejumah jajaran Polres sewilayah III Cirebon dan Polres Brebes.

Ketua BKPP Wilayah Cirebon, Ano Sutrisno memaparkan kegiatan Rakor yang digagas jajaran kepolisian untuk saling kordinasi terkait masalah yang kerap dihadapi saat arus mudik, bisa dicarikan solusi bersama, sebab satu daerah akan saling berkaitan dengan daerah lainnya.

“Pada pengalaman setiap tahun, masalah kemacetan jalur khususnys di wilayah Pantura saat arus mudik, terkadang disebabkan masalah di suatu daerah namun efeknya bisa ke wilayah lainnya,” katanya saat mengawali Rakor, Jumat (27/7).

Pada saat pemaparan pertama tentang kondisi objektif jalur mudik Pantura dari Polres Cirebon, Kapolres Cirebon, AKBP Hero Bachtiar melalui Kabag Operasional, Kompol Joner menuturkan beberapa masalah yang telah diinventarisir oleh masing-masing Polres di wilayah hukumnya masing-masing, akan jadi nota kesepahaman dan deklarasi apatar kepolisian lintas batas.

“Salah satu simpul kemacetan saat keramaian arus mudik, selain Pasar Tumpah di sejumlah titik, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kerap menjadi penyebab kemacetan,” tuturnya.

Joner menuturkan antrean kendaraan saat pengisian di SPBU hal paling sering membuat kemacetan jalur lintasan Pantura hampir di setiap daerah di wilayah III Cirebon (Indramayu, Kuningan, Kabupaten Cirebon, Majalengka, dan Kota Cirebon).

“Maka kami harapkan kepada pemilik SPBU agar memberikan layanan cepat, karena jajaran kepolisian juga akan memasang imbauan agar pengendara mengisi BBM di daerah asal,” ujarnya. (K3/faa)

Sumber : www.bisnis.com