Djadjang: Latihan Hari Pertama akan Diikuti Sekitar 12 Pemain Saja

by -13 views

 

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman menyatakan latihan pertama yang akan digelar Senin (3/9/12), kemungkinan besar akan diikuti oleh sekitar dua belas pemain saja. Hal itu karena, beberapa pemain baru “Maung Bandung” masih belum bisa bergabung lantaran masih belum menyelesaikan proses administrasi di klubnya masing-masing.

Djadjang menambahkan, materi pada hari pertama latihan, sebagian besar akan digunakan untuk perkenalan satu sama lain. Nanti, ujar Djadjang, para pemain, staf kepelatihan, dan manajemen ibaratnya seperti melakukan pendekatan kebersamaan, terutama untuk para pemain yang baru saja bergabung.

“Dalam catatan saya, pemain yang akan hadir sekitar 11 atau 12 orang. Untuk pelatih, semuanya akan hadir. Untuk hari pertama ini, hal itu tidak terlalu masalah, toh palingan nanti kita akan lebih banyak ngobrol-ngobrol dulu saja,” ujar Djadjang kepada “PRLM”, Minggu (2/9/12).

Disinggung mengenai sejumlah pemain baru yang kemungkinan akan mengikuti pemusatan latihan dari awal, mantan asisten pelatih Pelita Jaya itu belum mau berkomentar banyak. Menurut dia, hal itu karena perkembangan proses mendatangkan sejumlah pemain baru “Maung Bandung” itu belum bisa dipastikan tanggal kedatangannya.

“Sama, status semua pemain yang sudah deal dengan Persib hingga saat ini belum ada perkembangan baru. Itu berarti, mereka tidak akan ikut latihan semuanya, mungkin hanya beberapa saja. Tapi, besok (hari ini) saya akan memberikan kejutan kepada masyarakat dan awak media, tunggu saja ya,” ucap Djadjang menegaskan.

Sementara itu, mengenai pencoretan nama Aliyudin, M. Ilham, Hendra Ridwan, dan M. Nasuha yang belakangan ini dipastikan tidak akan kembali mamperkuat “Pangeran Biru”, Djadjang mengaku cukup sulit mengambil keputusan tersebut. Tapi, ujar dia, semua keputusan yang diambil pihak manajemen dan pelatih tentunya sudah dibicarakan dan dipikirkan dengan matang.

“Benar, mereka tidak akan dipertahankan lagi. Saya tahu mereka pemain-pemain bagus, tapi saya punya rencana lain dan mudah-mudahan berjalan dengan lancar. Mereka memang tidak masuk dalam rekomendasi pemain yang saya ajukan kepada pihak manajemen,” ujar Djadjang.

Seperti diketahui, untuk posisi yang ditinggalkan keempat pemain tersebut, Djadjang memang sudah memiliki beberapa pemain pengganti yang dikabarkan sudah menjalin kesepakatan untuk segera merapat ke “Maung Bandung”. Untuk posisi penyerang, Aliyudin akan digantikan oleh Kenji Adichihara atau Herman Dzumafo, dan M. Ilham posisinya digusur oleh M. Ridwan.

Adapun, untuk M. Nasuha, hal itu tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, dia masih belum bisa pulih dari cedera lutut yang membekapnya sejak awal musim lalu. Sementara, untuk Hendra Ridwan, lebih karena pemain itu merupakan paketan dari Zulkifli Syukur yang sudah lebih dulu didepak dari “Pangeran Biru”.

“Yah, karena pemain yang saya incar berhasil didapatkan, seperti M. Ridwan, Kenji, dan beberapa pemain lagi. Mereka memang saya proyeksikan untuk mengganti posisi-posisi pemain yang tidak dipertahankan lagi,” ujar Djadjang.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengaku cukup sedih. Namun demikian, itu semua merupakan keputusan bersama yang diambil atas rekomendasi pelatih. “Ya sedih juga. Saya hanya menjalankan perekrutan dan melakukan negoisasi sesuai dengan keinginan pelatih, dan itu sudah disepakati bersama,” ujar Umuh. (A-200/A-108)***

SUmber : www.pikiran-rakyat.com