Uji Coba 4 In 1, Jalan Surya Sumantri Jadi Macet Hingga 1,5 Km

by -4 views

suryasumantrimacet4in1isiUji Coba program 4 In 1 di Jalan Djunjunan (Pasteur) berimbas kemacetan di sepanjang Jalan Surya Sumantri. Polisi mengakui kemacetan di Surya Sumantri gara-gara mobil yang keluar dari Tol Pasteur atau masuk ke Bandung penumpangnya kurang empat orang.

“Ini bukti masih banyak mobil yang belum four in one. Akibatnya kemacetan terjadi di Jalan Surya Sumantri. Biasanya Jalan Surya Sumantri lancar,” jelas Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Yully Kurniawan kepada wartawan di Gerbang Tol Pasteur, Jumat (18/1/2013).

Mobil pribadi yang keluar Tol Pasteur tak bisa melewati Jalan Pasteur menuju arah Jembatan Pasupati. Mobil yang tidak berisi empat orang atau lebih berbelok ke kanan menuju Jalan Surya Sumantri atau jalur alternatif bebas 4 in 1.

Pantauan detikbandung, pukul 16.30 WIB, kemacetan memanjang sekitar 1,5 kilometer sejak lampu merah Jalan Surya Sumantri-Pasteur hingga SPBU Surya Sumantri. Sedangkan arus lalu lintas di jalur sebaliknya atau kendaraan dari atas ke bawah menuju Jalan Pasteur terlihat lancar.

Program 4 in 1 pada Jumat atau jelang akhir pekan ini diberlakukan mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB. Di waktu sama sebelum penerapan 4 in 1, Jalan Pasteur arah Sukajadi dan Jembatan Layang Pasupati biasanya terjadi kepadatan kendaraan. Namun satu jam pelaksanaan 4 in 1, Jalan Pasteur ke arah Jembatan Layang Pasupati terpantau lancar.

Yully menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan Jasa Marga sudah jauh hari mengumumkan atau sosialisasi 4 in 1 kepada pengguan tol. Pengumuman itu terpampang di kilometer 19 menuju Kota Bandung. Polisi hanya menerapkan 4 in 1 khusus kepada mobil yang keluar dari Tol Pasteur. Sementara kendaraan roda empat dari arah Jalan Surya Sumantri dan Gunung Batu menuju Jalan Pasteur bersifat non 4 in 1.

“Kami mengimbau berkali-kali, diharapkan pengguna tol dari arah Jakarta bisa keluar melalui empat Gerbang Tol lainnya di Bandung, seperti Gerbang Tol Buahbatu, Kopo, Pasirkoja, dan Mochamad Toha. Jadi jangan hanya keluar dari Tol Pasteur saja,” pesan Yully.

sumber: bandung.detik.com
oleh: Baban Gandapurnama