14 Kecamatan di Kab. Bandung Terendam Banjir

by -15 views

Banjir-citarumSelama April 2013, bencana banjir di Kabupaten Bandung melanda sedikitnya 14 kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Cangkuang, Banjaran, Majalaya, Cicalengka, Arjasari, Rancaekek Ibun, Katapang, Ciparay, dan Pameungpeuk.

Kepala BPBD Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, jumlah rumah yang terendam akibat banjirselamaApril2013sebanyak 20.459rumahyangdihunisekitar 50.589 jiwa (16.557 KK). “Dari jumlah rumah yang terendam itu, sebanyak 11 rumah mengalami rusak berat, 26 rumah rusak sedang, dan33rumahlainnya rusak ringan” kata Marlan kepada wartawan, kemarin. Keadaan cuaca selama enam hari ke depan menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mulai kemarin, Selasa (23/4) sampai 28 April 2013, wilayah Kabupaten Bandung akan diguyur hujan pada malam hari.

Sementara Bupati Bandung Dadang M Naser meminta masyarakat terus waspadai banjir mengingat curah hujan di Kabupaten Bandung untuk enam hari ke depan masih cukup tinggi. “Jaga terus kewaspadaan di sekitar lingkungan kita, karena ancaman banjir masih tetap ada akibat cuaca akhir-akhir ini masih diliputi hujan di beberapa tempat yang berdampak terjadinya banjir,” kata Dadang saat meninjau beberapa lokasi banjir Desa Sukamanah, Rancaekek Kulon dan Desa Linggar Kecamatan Rancaekek, Senin (22/4). Bupati pun mengingatkan untuk mewaspadai penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) atau gatal-gatal yang kerap muncul pascabanjir.

“Segera periksakan ke puskesmas terdekat atau posko kesehatan yang ada di seputar lokasi banjir. Jika ditemukan gejala penyakit tersebut, tak usah bayar alias gratis” ujarnya. Camat Rancaekek Haris Taufik mengungkapkan, bencana banjir yang melanda Kecamatan Rancaekek meliputi Desa Sukamanah (1.300 KK), Desa Jelegong (700 KK), Desa Sukamulya (600 KK) dan desa Linggar sebanyak 1.200 KK.

“Yang terparah terjadi di Desa Linggar terjadi sejak 24 Maret lalu” ujar Haris. Haris menyebutkan, ketinggian banjir di keempat desa tersebut sekitar 30–120 sentimeter. iwa ahmad sugriwa

sumber:koran-sindo.com