Objek Wisata Maribaya Diserahkan ke Swasta

by -97 views

P9030064Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) sedang mempersiapkan draf perjanjian kerja sama (PKS) pengelolaan objek wisata Maribaya.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut Memoraundum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani oleh pemkab dan PT Akurasi Kuat Mega Indonesia selaku investor yang menanamkan modal untuk pengelolaan Maribaya selama 30 tahun ke depan. “Saat ini draf PKS itu sudah memasuki finalisasi dan segera akan ditandatangani kedua belah pihak,” tutur Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemda KBB Yadi Azhar kepada KORAN SINDOdi Ngamprah, kemarin.

Menurut dia, ketika perjanjian kerja sama sudah ditandatangani maka pihak ketiga sudah boleh melakukan aktivitas pembangunan dan pengelolaan di Maribaya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)KBB Asep Ilyas menambahkan, selama draf PKS belum ditandatangani maka pengelolaan Maribaya masih dilakukan oleh Pemkab Bandung Barat. Saat ini ada 25 pegawai dan 106 pedagang yang belum ditarik dari Maribaya. Nantinya, jika pengelolaan sudah sepenuhnya dilakukan pihak ketiga, seluruh personel tenaga honorer lepas akan diserahkan ke pihak pengelola. Semua keputusan ada di manajemen pengelola.

Namun untuk pedagang, Disbudpar meminta pedagang eksisting diprioritaskan untuk kembali berjualan. Asep mengatakan, kendati sudah diserahkan pengelolaannya kepada pihak swasta pihaknya tetap akan melakukan pengawasan. Sebab, dari total 30 tahun dikerjasamakan, setiap lima tahun dilakukan evaluasi terkait kerja sama yang dilakukan. ● adi haryanto

sumber:koran-sindo.com