Sungai Cibeet Meluap, 84 Rumah Terendam

by -29 views

20130419 jbr hal 13 (Sungai Cibeet Meluap,84 Rumah Terendam)Sebanyak 84 rumah di Kampung Pangasinan, Desa Kalang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, terendam akibat meluapnya Sungai Cibeet, kemarin.

“Kampung Karang Ligar kembali terendam banjir. Sekitar 84 rumah terendam dengan jumlah penghuni sekitar 370 jiwa,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang Rokhyun Sentosa saat dihubungi melalui ponselnya, kemarin. Menurut dia, banjir terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dengan ketinggian sekitar 80 cm, akibat melimpahnya air Sungai Cibeet. Sebetulnya, sejak Rabu (17/4) malam, air Citarum sudah tinggi.

“Airnya (Sungai Citarum) bertubrukan dengan Sungai Cibeet yang mengakibatkan meluap dan menerjang ke pemukiman warga,” tuturnya. Sejauh ini, pihaknya telah mengantisipasi korban banjir dengan mempersiapkan tempat evakuasi di kantor kepala desa dan menyiapkan perahu karet. “Takutnya air bertambah lagi, kami menyiapkan tempat evakuasi dan perahu karet.

Selain itu, logistik dan menyiagakan mobil desa,” ujarnya. Anggota Tagana Kabupaten Karawang Baron mengatakan, evakuasi telah dilakukan pada pukul 11.00 WIB. Akan tetapi, warga setempat masih dalam keadaan kondusif dan tidak terlihat panik. “Mungkin karena sudah biasa, mereka sudah mempersiapkan segalanya, bahkan telah membawa barang berharganya ke tempat aman,” katanya.

Sejak 2010 Kampung Pangasinan, Desa Kalang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang kerap dilanda banjir. Padahal, sebelumnya wilayah ini jarang terkena banjir. Rahmat Surahmat, 60, warga perumahan Singaperbangsa, Desa Sukaharja, Kecamatan Teluk Jambe Timur, mengatakan anak Sungai Citarum ini terus mengalami kenaikan.

Warga pun terus waspada. Pasalnya, jarak perumahan dengan anak Sungai Citarum sangat dekat, sekitar 50 meter. “Kalau Cibeet banjir, biasanya suka berimbas ke warga yang tinggal didekat Citarum,” ujarnya. agie permadi

sumber+foto:koran-sindo.com