Pilwalkot Bandung 2013 – Nomor Urut Calon Bawa Keberuntungan

by -2 views

EaNX7GUpDDKPUD Kota Bandung melakukan pengundian nomor urut delapan pasangan calon (paslon) yang mengikuti Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013, kemarin.

Pasangan nomor urut 1 Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Partai Demokrat, PPP, Hanura, PBB, PKB, PKPI, PPRN), nomor urut 2 Wahyudin Karnadinata- Toni Apriliani (jalur independen), nomor urut 3 Wawan Dewanta- HM Sayogo (jalur independen), nomor urut 4 Ridwan Kamil-Oded M Danial (PKS, Gerindra), nomor urut 5 Ayi Vivananda-Nani Suryani (PDIP, PAN), nomor urut 6 MQ Iswara- Asep Dedi Ruyadi (Golkar, PDS, dan 15 parpol nonparlemen), nomor urut 7 Budi Setiawan- Rizal Firdaus (jalur independen), serta nomor urut 8 Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim (jalur independen).

Sejumlah paslon antusias dengan nomor urut tersebut. Edi Siswadi-Erwan Setiawan tidak membayangkan mendapat nomor urut satu. “Senang menjadi yang pertama, karena segala sesuatu dimulai dari yang pertama sekaligus membawa optimisme tersendiri,” ujar calon Wali Kota Bandung Edi Siswadi. Menurut Edi, simbol angka satu membawa kemudahan bagi dirinya dan tim untuk mengilustrasikannya.

“Nomor satu juga menjadi keuntungan bagi kami karena mudah diingat,” ucap Sekda Kota Bandung ini. Calon wali kota dari jalur independen, Wahyudin Karnadinata, mengaku bersyukur mendapat nomor urut 2. Menurutnya, semua nomor bagus dan tidak ada hubungannya dengan raihan suara yang akan diperoleh nanti.

“Yang penting orangnya harus bagus. Kami siap memimpin Kota Bandung dengan sebaik-baiknya jika diberi kepercayaan oleh masyarakat,” ujar Wahyudin. Calon Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga bersyukur mendapat nomor urut 4. Sebab, nomor tersebut membawa kemenangan Ahmad Heryawan- Deddy Mizwar pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar lalu. Apalagi, euforia kemenangan Pilgub Jabar masih tertanam di masyarakat. Kondisi tersebut menambah semangatnya dalam pertarungan Pilwalkot Bandung.

“Psikologis Pilgubnya membuat kami makin optimistis,” ucapnya. Menurut calon wali kota Budi Setiawan, nomor urut 7 sesuai dengan keinginannya. Sebelumnya, dia sudah mengincar bahkan menerima wangsit untuk mendapatkan nomor tersebut. Dalam filosofi Sunda atau filosofi lainnya, angka 7 memiliki tingkatan tertinggi. Nomor tersebut memiliki keterikatan dengan berbagai kebaikan.

“Seperti surat Al-Fatihah kan 7 ayat. Lalu, bayi di dalam kandungan matang ketika berumur 7 bulan. Jadi, saya berpikir nomor ini memiliki arti baik,” kata Budi. Calon wali kota MQ Iswara yang mendapat nomor urut 6 mengatakan, angka enam bisa dimaknai sebagai sesuatu yang dapat dipercaya dan memiliki nilai amanah. “Angka enam itu mempunyai nilai sakral dan insya Allah bagi saya memiliki nilai amanah,” ujarnya.

Dia bakal terus menggencarkan sosialisasi ke setiap lapisan masyarakat. “Walaupun kami terlambat, tetapi sosialisasi terusmenerus dilakukan,” kata Iswara. Calon wali kota dari jalur perseorangan, Wawan Dewanta, mengatakan, nomor tiga yang diraihnya merupakan pilihan terbaik dari Tuhan sehingga mendorong lebih optimistis dan semangat dalam menghadapi Pilwalkot 2013.

“Berapapun nomor urut yang kami dapatkan, kami yakin Tuhan memberikan yang terbaik. Sekarang tinggal bagaimana kami berusaha mewujudkan harapan rakyat,” kata Wawan. Bambang Setiadi dan Alex Tahsin Ibrahim (Balex) dari jalur perseorangan dengan nomor urut 8 membuat semua relawan bersorak gembira tanpa terkecuali komunitas Perempuan IndieBalex. “Kami siap mengawal kemenangan pasangan Balex,” kata Ketua Perempuan IndieBalex, Maya Lestari.

Calon wali kota Bambang Setiadi mengaku puas karena nomor 8 adalah nomor keberuntungan. “Angka 8 angka tanpa batas dan angka tanpa ujung, ini membuktikan keseriusan pasangan Balex untuk terus mengubah kota Bandung tanpa henti. Kedua, angka 8 adalah angka yang konsisten mesti dibolakbalik, ini sangat jelas membuktikan program yang direncanakan bukan janji,” jelasnya.

Calon wali kota Ayi Vivananda mengatakan, salam nomor urut lima terbilang lebih mudah. Dia dan Nani Suryani hanya tinggal mengacungkan lima jari sebagai simbol salam kepada para pendukung. “Tidak ada korelasi pilgub dan pilwalkot, hanya bersyukur dan semoga jadi energi positif. Bintang juga kan segi lima, ya semua bisa dikait-kaitkan,” ucapnya. atep abdillah kurniawan/ tommi andryandy/ gita pratiwi

sumber:koran-sindo.com