Gallo Pinto, Sarapan Warga Costa Rica Untuk Umur Panjang

by -6 views

galloluarSelain keindahan alamnya, salah satu negara di Amerika Selatan ini menarik perhatian dunia karena pola makan sehatnya. JIka banyak orang yang menjauhi protein saat sarapan, masyarakat negara ini justru mengonsumsi Gallo Pinto yang kaya karbohidrat dan protein.

Republik Costa Rica yang berbatasan dengan Nikaragua terkenal dengan satu daerah bernama Nicoya Peninsula sebagai daerah ‘Blue Zones’. Daerah ini diteliti dunia karena populasi yang tinggal di wilayah ini berumur lebih panjang daripada populasi di daerah lain di dunia.

“Masyarakat Costa Rica sangat menyukai hidangan gallo pinto untuk sarapan, hidangan ini terdiri dari beras dan kacang yang disajikan dengan telur,” tutur Malena Perdomo, MS, RD, CDE, an adjunct professor di Metropolitan State College of Denver.

Hidangan kaya protein dan karbohidrat ini bisa membuat perut kenyang selama beberapa jam. Menyantap Gallo pinto dikatakan bisa membuat masyarakat Costa Rica selalu berenergi hingga waktu makan siang.

Selain asupan protein, konsumsi serat pun tidak kalah penting untuk membuat santapan sarapan sehat. “Masyarakat Costa Rica tidak mengkonsumsi makanan manis untuk sarapan. Mereka justru makan hidangan kaya protein, serat, dan karbohidrat kompleks yang dinikmati bersama buah segar,” tambahnya.

Buah-buahan yang biasanya disajikan saat sarapan adalah nanas, jeruk, mangga, pepaya, dan jagung. Terkadang saat sarapan mereka juga menyantap keju, ikan, sup, dan kacang-kacangan. Selain hidangan sarapan yang sehat, pola makan masyarakat Costa Rica juga menarik.

Masyarakat Costa Rica memilih untuk menyantap sarapan dengan perlahan. Hidangan sarapan mereka umumnya berupa sisa dari hidangan makan malam, sehingga jumlah makanan terbuang tidak terlalu banyak.

Sumber+foto:detik.com