Jelang Kenaikan, Pembelian BBM Meningkat

by -5 views

230730_spbu3201Menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi pada minggu-minggu ini terjadi penimbunan dan kelangkaan di berbagai tempat. Apalagi pembelian BBM juga meningkat sampai empat persen dibandingkan hari-hari biasanya.

“Dengan fenomena seperti itu yakni penimbunan BBM tentu dampaknya akan membuat masyarakat mengalami beban ekonomi yang luar biasa berat.“ kata Anggota Komisi VII DPR, H. Rpfi Munawar, kepada “PRLM”, Kamis (20/6).

Legislator dari Jatim VII ini menjelaskan, pemerintah harus bertindak dengan cepat terkait berbagai kelangkaan BBM di berbagai daerah. “Kelangkaan ini terjadi akibat respon yang lambat dan reaktif dalam mengantisipasi rencana yang dibuatnya sendiri. Kondisi yang tidak menentu akan menyebabkan maraknya penyelewengan, panic buying konsumen dan efek buruk yang semakin luas,” ujarnya.

Publik selama ini dihadapkan pada wacana BBM bersubsidi salah sasaran, namun secara realitas tidak pernah ada upaya serius dari Pemerintah untuk menyelesaikan persoalan salah sasaran tersebut. Belum lagi persoalan kelangkaan dan penimbunan yang masih saja terjadi.

“Konisi ini berbanding lurus dengan program pengendalian BBM yang jalan di tempat dan energi alternatif yang tidak pernah terwujud,” tegas Rofi.

Pertamina, kata Rofi, menyatakan peningkatan pembelian BBM bersubsidi paling tinggi dalam 3-4 hari terakhir ini, yakni sekitar 4 persen dari kebutuhan normal. “Ada pun antisipasi Pertamina mengklaim telah memiliki persediaan BBM untuk 18 hari kedepan dan telah menambahkan persediaan 10 % lebih besar dari hari biasanya,” katanya.(A-71/A-107)***

sumber:pikiran-rakyat.com