BNPB: Gempa Bisa Berdampak ke Wilayah Lain Sumatera

oleh

patahansemangkojurnaldannyhilmandBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan, gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2013) berasal dari sesar aktif di daratan yang dikenal sebagai sesar Sumatera atau sesar Semangko.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sesar Semangko memiliki 19 segmen dan membentang sejauh 1900 km dari Aceh hingga Lampung, melewati Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu.

“Gempa segmen Aceh 6,2 SR kemarin tentu bisa memengaruhi segmen lain yang berdekatan. Dalam hal ini kami terus pantau,” ungkap Sutopo, Rabu (3/7/2013) di Jakarta.

Namun, Sutopo tetap menegaskan agar masyarakat tidak panik karena saat ini sistem peringatan dini jika terjadi gempa sudah terpasang. Pihak BMKG juga sudah memasang alat monitoring dan seismigraf yang siap melaporkan jika terjadi gempa dan dampaknya, lima menit setelah terjadinya gempa.

“Namun tetap gempa tidak dapat diprediksi. Jadi kita hanya membicarakan potensi-potensi. Kemampuan alat, lima menit setelah gempa dan akan diketahui koordinat, kedalaman dan besarnya. Kemudian baru diputuskan apakah berpotensi tsunami atau tidak,” jelas Sutopo.

Sutopo juga menegaskan bahwa gempa yang terjadi di daratan tidak akan menimbulkan tsunami.

sumber:kompas.com