Juara di Sachsenring, Marquez Puncaki Klasemen MotoGP

oleh

213622_pembalap-honda--marc-marquez-dan-yamaha--valentino-rossi_663_382Marc Marquez sukses menggeser Dani Pedrosa dari puncak klasemen berkat kemenangan di MotoGP Jerman, Minggu 14 Juli 2013. Pembalap Repsol Honda itu berhasil mengalahkan Cal Crutchlow dan Valentino Rossi.

Pada balapan di Sirkuit Sachsenring, Rossi sebenarnya mampu memimpin di lap pertama. Namun, The Doctor kemudian disalip oleh pembalap jagoan tuan rumah, Stefan Bradl. Marquez sendiri sempat kesulitan melewati pembalap CRT, Aleix Espargaro.

Perlahan tapi pasti, Marquez mulai menyodok ke posisi depan. Setelah lap keenam, pembalap asal Spanyol itu sudah berhasil melewati Rossi dan Bradl untuk memimpin balapan. Rookie MotoGP 2013 itu pun mulai tidak terkejar

Balapan lebih menarik terjadi pada perebutan posisi kedua. Rossi akhirnya tidak mampu mempertahankan posisi kedua setelah disalip pembalap Tech 3 Yamaha, Cal Crutchlow. Hingga akhir balapan, Marquez tetap tidak terkejar dan mencatatkan waktu 41 menit 14,653 detik.

Posisi kedua ditempati Crutchlow dengan 41 menit 16,212 detik. Sedangkan Rossi harus puas berada di posisi ketiga dengan 41 menit 24,273 detik, tertinggal 9,620 detik dari Marquez.

Kemenangan ini membuat Marquez memuncaki klasemen MotoGP 2013 dengan 138 poin. Marquez menggeser posisi rekan setimnya di Honda, Dani Pedrosa (136 poin), yang bersama Jorge Lorenzo harus absen di Sachsenring karena cedera. (vivanews)