Korpaskhas Gelar Latihan Pemantapan Kemampuan Matra Udara Danwing II Paskhas : Korpaskhas Bentuk Denmatra

by -11 views

IMG_3629(Malang) Meningkatkan kemampuan sebagai pasukan yang memiliki fungsi khusus/khas matra udara berkemampuan tempur darat, Korpaskhas melaksanakan latihan pemantapan kemampuan matra udara Korpaskhas T.A 2013 yang digelar selama lima hari mulai tanggal 26 hingga 30 Agustus 2013. Latihan ini secara resmi dibuka oleh Komandan Wing II Paskhas, Kolonel Pasukan Budi Sumarsono dengan upacara militer di lapangan Mayon 464 Paskhas, Senin (26/082013)

Korpaskhas merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI AU yang memiliki kemampuan tiga matra yaitu darat, laut dan udara yang mana setiap prajurit Korpaskhas minimal harus memiliki kualifikasi dasar Para-Komando untuk dapat melaksanakan tugas secara professional kemudian ditambahkan kemampuan khusus salah satuanya matra udara sesuai dengan sepesialisasinya.

Kemampuan matra udara yang menjadi materi laitahan ini antara lain memantapkan kepampuan Dalpur (pengendali tempur, Dallan (pengendalian pangkalan), SAR Tempur (Combat Search And Rescue) dan Jump Master. Beberapa materi tersebut akan dilaksanakan dengan dua tahapan yakni pemberian materi tentang kemampuan matra udara dan dilanjutkan dengan kegiatan manuver lapangan. Beberapa tempat yang menjadi sasaran dalam latihan pemantapan ini yaitu di kompleks Pangkalan TNI AU Abdulrahman Saleh dan wilayah Kecamatan Pare Kediri Jawa Timur.
Dalam amanatnya, Komandan Wing II Paskhas menyampaikan kegiatan ini merupakan alat ukur dari pelaksanaan pembinaan dan latihan pelaksanaan satuan jajaran Korpaskhas. Sasaran strategis dari latihan ini yakni Korpaskhas senantiasa menjaga kemapuan tempur guna mendukung tugas-tugas TNI. Danwing II Paskhas juga berpesan kepada para pelaku dan pendukung latihan agar senantiana mengutamakan safety dalam menjalankan latihan ini sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai target. Laksanakan secara professional sesuai tugas masing-masing, imbuhnya.

Dalam latihan pemantapan kemampuan matra udara ini melibatkkan satuan kompi matra yang berasal dari Yon 461 Wing I Paskhas Jakarta dan Yon 464 Wing II Paskhas Malang yang mana latihan pemantapan ini merupakan latihan terakhir bagi kompi matra tersebut karena sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang pembangunan kekuatan TNI dengan mencapai Minimum essential Force maka kompi matra akan di tingkatkan statusnya menjadi Detasemen Matra yang secara organisasi akan berdiri sendiri langsung dibawah Wing Paskhas sehingga Detasemen Matra akan lebih spesifik fungsi dan tugas pokoknya pada fungsi ke-mata udara-an dan Batalyon 461 dan 464 Paskhas akan lebih menitik beratkan pada fungsi ke-para komando-an yang selama ini bersifat komposit.
Kemampuan matra udara merupakan spesialisai tugas untuk mendukung operasi udara pada operasi gabungan TNI, operasi Linud dan operasi TNI AU yaitu operasi perebutan dan pengendalian udara yang melibatkan Tim Dalpur, Tim dallan, Combat SAR dan Jump Master.
Hadir dalam pembukaan latihan ini antara lain Komandan Depohar 30, Komandan Wing 2 Udara Lanud Abd. Saleh, Asops Korpaskhas, para pejabat Lanud dan para pejabat jajaran Mawing II Paskhas maupun Yon 464. (Mas Nur)