WordCamp Indonesia 2013 Akan Hadir di Jogja

by -6 views

WPcampBandung (Jabarmedia.com) – WordCamp Indonesia merupakan ajang kumpul dan berbagi ilmu bagi para pegiat WordPress, pengembang, penggemar serta mereka yang tertarik dengan layanan publishing dan CMS. Kali ini acara akan kembali hadir di Yogyakarta pada 18-20 Oktober 2013. Ini merupakan keempat kalinya acara tersebut dilaksanakan. Sebelumnya WordCamp digelar pada 2009, 2010, dan 2011.

Salah satu penggagas acara, Valent Mustamin, sangat mengapresiasi WordCamp yang kembali diselenggarakan tahun ini. “Wordcamp adalah ajang yang ditunggu-tunggu para pegiat WordPress,” ujarnya melalui siaran tertulis, Jumat (27/9/2013).

Sebelumnya, pengelola situs trenologi.com yang menjadi salah satu media partner acara ini, Wiku Baskoro, masih belum bisa memastikan tempat untuk lokasi pelaksanaannya. “Untuk tempat akan diinformasikan menyusul”, katanya secara tertulis di trenologi.com, Minggu (22/9/2013). Wiku, menggambarkan bahwa acara akan berkutat seputar sharing tentang WordPress, konferensi serta gathering komunitas.

WordCamp Indonesia 2013 yang menjadi bagian resmi acara WordCamp dunia awalnya tidak akan diadakan tahun ini di Indonesia. Namun para pegiat WordPress tanah air menggantinya menjadi WPWeek. Informasi akan acara ini telah menyebar mulai tanggal 18 September kemarin.

Baskoro, memaparkan, bahwa perkembangannya WPWeek menjadi WordCamp Indonesia 2013, menjadi kegiatan rutin setelah melanjutkan beberapa acara serupa seperti tahun 2011di Bandung.

Rangkaian acara diawali dengan Geeks on Train pada 16-17 Oktober 2013, yaitu kompetisi dan pembentukan tim yang terdiri dari pengembang, desainer, dan perencana bisnis, yang prosesnya dilakukan di kereta dari Jakarta ke Yogyakarta. Di perjalanan, mereka wajib membuat produk startup. Produk kemudian dipresentasikan saat penyelenggaraan WordCamp.

Acara utama WordCamp 2013 terdiri dari konferensi selama tiga hari yang terdiri dari sesi diskusi dengan pembicara ahli, pakar WordPress, dan tutorial. Peserta berkesempatan untuk membagi pengalaman dengan sesama pengguna.

Bagi pengguna, pengembang, dan penggemar WordPress yang tertarik mengikuti WordCamp 2013, bisa memperoleh informasi lewat http://2013.indonesia.wordcamp.org/. Informasi juga bisa diikuti lewat Twitter dengan follow akun @wordcampid.