115 Lokasi di Indonesia Berpotensi Tsunami Akibat Gempa Cili

by -4 views

petaGempa bumi besar berskala 8 SR pada kedalaman 10 km di Pantai Utara Cili atau 240 Barat laut Bombay India, Rabu (2/4/2014) pukul 06.46 WIB telah menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Cile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua. Gempa dan tsunami telah menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami.

BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB. Ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami. Tinggi potensi tsunami 0 hingga 0,5 meter. Waktu kedatangan tsunami, Kamis (3/4/2014) pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB.

“Status peringatan adalah waspada. Artinya Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai. Waktu tiba gelombang dapat berbeda. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang disampaikan ke redaksi Tribunnews.com, Rabu (2/4/2014).

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang lepas pantai Pasifik Cile, Selasa (1/4/2014) waktu setempat atau Rabu (2/4/2014) WIB. Peringatan tsunami diumumkan untuk Cili, Peru, dan Ekuador.

Gempa terjadi pada Selasa pukul 20.46 waktu setempat atau Rabu pukul 06.46 WIB. Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer, berjarak 83 kilometer dari Iquique di pantai utara Cili. Data pusat gempa bersumber dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berpusat di Hawai mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa ini. Peringatan juga datang dari Pemerintah Cile. Namun Pemerintah Cili menyebutkan kekuatan gempa adalah 7,9 skala Richter.

Cile merupakan salah satu negara di dunia dengan ancaman gempa paling aktif. Pada Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang kawasan tengah dan selatan Cili. (sumber:tribunnews.com)