Aneh Tapi Nyata, Ada Pemandian Air Soda Alami di Sumut

by -8 views

kolam sodaPemandian air panas itu sudah biasa. Tapi di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, Sumut Anda bisa mandi di Pemandian Air Soda. Airnya memang mirip soda, aneh tapi nyata dan hanya ada dua di dunia!

Bicara soal pemandian, di pikiran Anda pasti terlintas pemandian air panas di atas perbukitan yang sejuk. Tapi, Sumatera Utara punya Pemandian Air Soda yang bisa didatangi wisatawan untuk berendam dan bermain air di sana.

Dilongok dari situs resmi Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (3/4/2014) Pemandian Air Soda berada di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Pemandian yang airnya seperti soda hanya ada di dunia, yakni di Venezuela, Amerika Selatan dan Sumatera Utara, Indonesia. Bangga bukan?

Pemandian Air Soda ini juga disebut Aek Rara. Sensasi mandi di air soda tentu berbeda dengan pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri ke dalam airnya, tubuh Anda akan berasa seperti berbusa. Airnya juga tidak lengket saat tersentuh dengan kulit, terasa sedikit asin dan badan Anda seolah berasa halus dan ringan. Tapi ingat, cipratan airnya bakal membuat mata sedikit perih.

Sejarahnya air soda di sana pertama kali ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, O Tobing Sihite. Saat itu dia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja keluar air dari dalam tanah. Begitu dirasa, ternyata air ini berbeda dengan rasa dan aroma yang mirip dengan soda. Kemudian di tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda ini menjadi salah satu objek wisata.

Selain meraskaan mandi di air soda, Pemandian Air Soda ini juga berbatasan langsung dengan hamparan persawahan yang dikelilingi perbukitan Rura Silindung (Lembah Silindung). Artinya, ada pemandangan serba hijau yang menyejukan pandangan di depan mata!

Tiket masuk ke Pemandian Air Soda sekitar Rp 7.000. Jadi, kapan Anda bakal berendam di air soda yang hanya ada dua di dunia ini?
(sumber:detik.com)