5 Makanan yang Bisa Menunjang Nilai Bagus Saat Ujian

by -19 views

makananKita semua tahu jika nutrisi yang baik atau makanan bagi otak dapat memberi energi dan membantu kita hidup lebih lama. Tapi, tahukah Anda jika makanan bagi otak itu dapat membantu mendapatkan nilai ujian lebih baik?
Itu fakta. Nyatanya, memang ada beberapa jenis makanan yang terbukti dapat meningkatkan kerja otak kita secara efektif, termasuk ketika ujian. Penasaran? Berikut lima makanan wajib dikonsumsi ketika menjelang ujian, seperti dikutip dari Testprep, Sabtu (24/5/2014).

1. Teh Hijau
Kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti dapat melindungi otak dan mampu meningkatkan mood lho. Menurut Psychology Today, mengonsumsi teh hijau akan melindungi otak dari rasa lelah dan sedih. Ditambah lagi, polifenol yang membantu produksi dopamine akan membuat kita terus berpikir positif. Nah, inilah yang kita butuhkan ketika akan menghadapi ujian, yakni pikiran positif dan membuang jauh-jauh rasa takut dan khawatir akan mendapatkan nilai buruk.

2. Telur
Jika ingin meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat ketika belajar sebelum ujian, makanlah telur. Berdasarkan beberapa studi, kandungan choline dalam telur akan meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat berbagai hal. Selain itu, kuning telur merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan choline paling banyak.

Baca Juga:  Persib Masih Berharap Kim Shin Young , Djanur Berikan PR Khusus

3. Salmon
Omega 3 dan asam lemak merupakan kandungan asam lemak tak jenuh terbanyak yang ada di otak. Maka, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, dapat meningkatkan fungsi otak dan mood. Peningkatan fungsi otak, seperti kemampuan berpikir, mendengarkan, dan merespons dapat membantu kita meraih nilai ujian yang tinggi. Jika alergi terhadap ikan, kandungan serupa dapat Anda temukan ketika mengonsumsi kacang kenari.

4. {Dark chocolate}
Sifat antioksidan kuat dalam kandungan flavanoid pada dark chocolate terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Tidak hanya itu, dark chocolate juga mengandung kafein yang dapat membantu Anda untuk tetap fokus dan berkonseterasi saat ujian. Namun, jika dikonsumsi dalam batas yang wajar kafein yang dikonsumsi secara berlebih justru berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga:  Korupsi Dana Bansos, Kejagung Tetapkan Wakil Bupati Cirebon Tersangka

5. Acai berry
Meski kecil dan berwarna ungu kehitaman, acai berry mengandung anti oksidan dan asam lemak serta omega 3 yang sangat tinggi. Antioksidan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak, sementara omega tiga dalam buah tersebut berguna untuk menjaga mood Anda tetap positif sehingga membuat Anda lebih percaya diri dalam mengerjakan soal yang rumit.

Setelah belajar keras pada hari-hari sebelumnya, mengapa tidak mencoba mengonsumsi secangkir teh hijau dengan telur orak-arik yang dicampur salmon asap, serta smoothies Acai berry dan diikuti dengan sepotong dark chocolate saat akan ujian? Skenario terburuk Anda mengonsumsi sarapan yang sehat. Sedangkan skenario terbaik yang bisa terjadi ialah Anda meraih nilai yang lebih baik dari sebelumnya. Selamat mencoba!

(Okezone)