Fakta Belanda Versus Meksiko

by -13 views

belanda-meksikoBelanda dan Meksiko akan bertarung di babak perdelapan final Piala Dunia 2014 di Stadion Castelao, Fortaleza, Minggu (29/6/2014). Mereka akan memperebutkan tiket menuju babak perempat final untuk bersua pemenang antara Kosta Rika dan Yunani.

Sebelum mengikuti dan mengetahui hasil pertandingan yang akan dimainkan pada pukul 23.00 WIB, ada baiknya kita melihat beberapa fakta mengenai kedua tim:

– Meksiko mengalami tiga kekalahan dan satu kali imbang dalam empat pertemuan terakhir dengan Belanda, dan kebobolan paling kurang dua gol di setiap pertandingan.

– Satu-satunya pertemuan kedua tim di Piala Dunia terjadi pada fase grup tahun 1998, ketika Meksiko mampu bangkit dari ketinggal 0-2 untuk menyamakan skor menjadi 2-2 ketika pertandingan tersisa 15 menit.

– Meksiko selalu tersingkir di putaran kedua dalam lima edisi terakhir Piala Dunia sejak 1994.

– Belanda memenangi 10 pertandingan terakhir di Piala Dunia, dengan satu-satunya kekalahan terjadi di final Piala Dunia 2010 ketika menyerah 0-1 dari Spanyol.

– Meksiko mencetak satu gol pada 11 pertandingan terakhirnya di Piala Dunia saat bertemu negara-negara Eropa, dan hanya dua kali kalah. Total, Meksiko membukukan empat kemenangan, lima kali seri dan dua kali kalah.

– Hanya satu negara Eropa yang dieliminasi oleh wakil dari CONCACAF di fase knockout Piala Dunia setelah era pasca-perang, yang terjadi saat Meksiko singkirkan Bulgaria di Piala Dunia 1986.

– Sejak 1990, zona CONCACAF selalu memiliki wakil di putaran kedua Piala Dunia. Tetapi hanya satu yang mampu menembus babak perempat final yang diukir Amerika Serikat pada tahun 2002.

– 10 dari 12 gol Piala Dunia yang dicetak oleh Meksiko terjadi pada paruh kedua pertandingan, sedangkan Belanda mencetak delapan dari sembilan golnya di Piala Dunia di babak kedua.

– Belanda melakukan 23 tembakan yang menemui target dalam fase grup Piala Dunia 2014, sembilan kali lebih banyak dari pencapaian di Grup B.

– Meksiko melakukan 28 tembakan dalam tiga pertandingan pertama di Piala Dunia 2014, lebih sedikit dibandingkan tim lain di Grup A.

– Arjen Robben sudah mencetak delapan gol dalam sembilan penampilannya yang terakhir bersama Belanda.

– Robben sudah mencetak gol atau membuat assist sebanyak tujuh kali (lima gol, dua assist) dalam tujuh penampilan terakhirnya di Piala Dunia.

– Robin van Persie sudah mencetak 21 gol dalam 25 penampilannya yang terakhir bersama Belanda.

– Johnny Rep merupakan pencetak gol terbanyak bagi Belanda selama putaran final Piala Dunia dengan torehan 7 gol. Robben ada di peringkat kedua dengan 6 gol, disusul Van Persie (5), dan mereka berpeluang mengalahkan rekor itu karena masih bermain.
sumber: kompas.com