Kawah Ijen, dari Api Biru Sampai Negeri di Atas Awan

by -12 views

kawah ijenKawah di puncak Gunung Ijen mampu membuat traveler mana saja jatuh cinta. Ada fenomena api biru, bebatuan besar yang seperti di film-film fiksi ilmiah, hingga pemandangan negeri di atas awan.

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.433 mdpl dan merupakan ikon wisata Banyuwangi. Rombongan Explore Indonesia: Tour Banyuwangi beruntung bisa mendaki gunung tersebut dan menyaksikan keindahannya langsung.

Pendakian Gunung Ijen dilakukan Sabtu (21/6/2014) dini hari mulai pukul 02.30 WIB. Dengan perjalanan 3 km lebih, akhirnya 20 peserta berhasil mencapai bagian puncak Gunung Ijen. Mereka semua terpesona dengan pemandangan yang ada di depan mata.

“Keren, api biru di Kawah Ijen keren banget. Saya kira apinya hanya satu, tapi ternyata ada banyak dan menutupi bebatuan gitu,” ujar salah satu peserta, Rizki.

Sekitar pukul 04.30 WIB, beberapa rombongan telah tiba di dasar Kawah Ijen untuk melihat fenomena api biru. Mereka langsung mengeluarkan kamera dan memotretnya dari dekat. Walau, beberapa merasa kesulitan untuk memotretnya karena suasana gelap dan tertutup asap belerang.

“Harus professional nih yang foto, perlengkapannya harus canggih. Tapi lumayanlah, kalau di sekitar api diberi cahaya jadi hasilnya cukup bagus,” ujar salah satu peserta, Wirawan yang menunjukan hasil jepretannya.

Api biru mulai menghilang sekitar pukul 05.30 WIB kala matahari mulai muncul. Meski begitu, ada lagi pemandangan yang tak kalah ciamik. Rupanya, bebatuan di sekeliling Kawah Ijen begitu dahsyat dipandang.
“Batu-batunya besar-besar, kayak di setingan film-film fiksi saja,” kata Sheila Margretha.

Sheila yang bersama familinya yang masih ABG, Christoper terus asyik berfoto di sekitar Kawah Ijen. Sheila mengaku bukan perjuangan mudah untuk turun ke Kawah Ijen dan melihat api biru. Buktinya, baju dan celanaya kotor semua.

“Susah banget jalannya, harus nyerosot di batu-batu. Jadi kotor semua baju,” ucapnya.

Pemandangan di sekitar bagian puncak Gunung Ijen juga mempu membuat rombongan Explore Indonesia jatuh hati. Tepat di sebelah bagian puncak tersebut, ada pemandangan di atas awan

“Lihat deh, pemandangan awannya bagus. Kayak negeri di atas awan,” kata Cindy.

Semua rombongan tak hentinya memuji Gunung Ijen. Tak ada pemandangan yang tak cantik di sana. Cobalah buktikan sendiri. (detik.com)