20 Kg Ayam Busuk Disita dari Supermarket di Bogor

by -18 views

ayam busukPetugas gabungan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menyita 20 kilogram ayam potong yang diduga busuk dari Supermarket Ramayana di Jambu Dua Plaza, Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (17/7) siang.
Ayam sebanyak itu ditemukan petugas gabungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Dinas Peternakan dan Pertanian, Balai Pengujian Mutu Produk Hewan Kota Bogor dan PPNS Satpol PP Kota Bogor di tempat penyimpanan di Supermarket tersebut.
“Sebanyak 20 kilogram daging ayam busuk langsung kami sita,” ujar Kepala Disperindag Kota Bogor Bambang Budhianto saat melakukan sidak.
Bambang menjelaskan, puluhan daging ayam busuk ini ditemukan di tempat penyimpanan daging di supermarket tersebut. “Jelas membahayakan bila dikonsumsi,ditakutkan daging tersebut dijual lagi, makanya kami sita,” katanya.
Sementara ini, kasie kesehatan masyarakat Veteriner, Balai Pengujian Putu Produk Hewan Kota Bogor, Drh Wina mengatakan, banyak bakteri dari daging ayam busuk itu sangat membahayakan dan tidak layak dikonsumsi.
“Harus dimusnakan jangan disimpan terus menerus,” katanya. Dia menjelaskan, hati impor sudah mengalami perubahan warna, kehitaman dan lebih lembek.
“Saya berharap para pedagang tidak menjual hati sapi yang sudah busuk, nantinya kami akan melakukan pengujian laboratorium, sample ati tersebut sudah diambil,” ujarnya.
Dikhawatirkan katanya, ada mikroba hati terjual menimbulkan efek diare atau keracunan, kemungkinan dari penyimpanan, kalau terbuka suhu menguap sehingga kurang dingin dan kurang bagus. “Organ jeroan lebih sensitif pada perubahan suhu,” katanya.

(tribunnews)