Dipandu Karyawan Magang, Dua Pesawat Nyaris Saling Tabrak

by -4 views

pesawatDua pesawat di Bandara Danang, Vietnam, nyaris saling bertabrakan saat satu dari pesawat itu mendarat dan yang satu lagi akan tinggal lepas landas. Usut punya usut, tulis laman Bangkok Post pda Senin (14/7/2014), pemicunya adalah Kepala Kontrol Lalu-Lintas Udara Bandara Danang, Truong Ngo Quang membiarkan seorang karyawan magang memandu kedua pesawat itu.

Kejadian itu, sebetulnya terjadi pada 27 Juni silam. Tapi, Badan Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) baru merilis hal tersebut hari ini.

Nama karyawan magang itu adalah Truong Nguyen Quynh Anh. Ia memerintahkan sebuah pesawat Jetstar Pacific lepas landas dari landas pacu. Sementara, pada saat bersamaan, sebuah pesawat Vietnam Airlines baru saja mendarat. Jarak antara kedua pesawat cuma sekitar 350 meter. “Kejadian yang sungguh-sungguh mengancam keselamatan penerbangan,” kata pernyataan CAAV.

Sementara itu, Direktur CAAV Lai Xan Thanh mengkonfirmasikan hal itu. “Kondisi cuaca dan faktor lain dalam keadaan normal saat itu,” katanya.

Tindakan tegas pun diambil pihak CAAV. Ngo Quang dipindahtugaskan. Sementara, karyawan magang yang berjenis kelamin perempuan itu mendapat perpanjangan pelatihan untuk mendapatkan lisensi. Hingga berita ini diunggah, CAAV masih terus melakukan penyelidikan.

(kompas)