Gurih Harum Sfiha, Piza a la Timur Tengah yang Kaya Variasi

by -25 views

lebanesesfihaMakanan yang dikenal sebagai pizza Arab ini menjadi makanan favorit buka puasa di Syria, Lebanon, Yordan, Palestina, Irak dan Turki. Terbuat dari adonan tepung yang digiling tipis kemudian diberi topping daging berbumbu.

Sfiha memiliki banyak nama, orang Arab biasanya memanggil makanan ini dengan sebutan Lahm bi Ajin yang berarti daging dengan adonan. Makanan ini juga dikenal dengan nama Lahmajun, Lahmacun (di Turki), pie daging (meat pies) atau pizza daging (meat pizza).

Makanan ini juga cukup dikenal di kawasan Amerika Latin. Karena makanan ini dulu pernah diperkenalkan oleh imigran Levantine di Brazil, Meksiko dan Argentina.

Pada dasarnya Sfiha adalah roti tipis yang di atasnya diberi campuran daging yang telah dibumbui dan berbagai macam topping. Namun ada juga versi lainnya, topping pada roti yang berbentuk seperti mangkuk.

Sfiha dobuat dari adonan terigu, garam, minyak sayur dan air. Adonan lalu dipipihkan dan diberi potongan daging kambing, tomat iris, bawang Bombay, bawang putih cincang, minyak zaitu, pasta tomat, lada dan bubuk jinten. Kemudian Sfiha dipanggang di dalam oven hingga berwarna cokelat keemasan.

Enak disantap selagi hangat atau pun sudah dingin. Biasanya Sfiha dimakan dengan cocolan saus lemon, pasta wijen atau yogurt. Aroma rempahnya membuat sfiha makin enak rasanya. Sementara orang menyebut sebagai ‘meat pie’. Seperti di Brazil, sfiha dibentuk seperti pie.
(detik.com)