Inilah Alasan Mengapa Air Putih Jauh Lebih Utama

by -3 views

puasaSaat waktu berbuka puasa tiba, banyak orang yang lebih memilih air dingin atau berwarna, seperti sirup sebagai pelepas dahaga. Namun, dibandingkan dengan semua itu, air putihlah yang paling utama. Mengapa? Fungsi air dalam tubuh di antaranya untuk menjaga kesegaran, membantu pencernaan, dan mengeluarkan racun. Banyak orang yang belum mengetahui khasiat dari air putih. Inilah beberapa khasiat air putih.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan Mengonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah pencernaan, seperti mag ataupun sembelit. Pembakaran kalori pun akan berjalan efisien.

2. Air Putih Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker Selain itu, air putih juga mencegah penyakit batu ginjal dan hati.Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan Kecantikan Bila Anda kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8–10 gelas sehari.

4. Menyehatkan Jantung Air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan, saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

5. Melangsingkan Badan Air putih bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi, air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun, yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

6. Tubuh Lebih Bugar Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja, tetapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

7. Penyeimbang Tubuh Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan.

Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup. Jadi, sudah jelas, air putih jauh lebih utama. Maka, jangan lupa untuk memastikan, selama Ramadhan kebutuhan air dalam tubuh Anda terpenuhi.

(heibogor)