Melongok Masjid yang Jadi Pusat Ibadah Umat Muslim di Curitiba Brasil

by -12 views

masjidali di brazilMuslim di Negeri Samba, Brasil memang bukan mayoritas. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menemukan kehidupan masyarakat Muslim di sana. Seperti yang terjadi di Kota Curitiba, ibu kota negara bagian Parana atau di bagian tenggara Brasil.

Islam berkembang cukup pesat di sana, hal ini bisa terlihat dengan adanya sebuah masjid yang berdiri megah. Namanya Masjid Imam Ali Bin Abi Thalib. Seperti dilongok dari Reuters, masjid bersejarah ini sudah berdiri sejak bulan Mei tahun 1972. Nama masjidnya diambil dari nama menantu Nabi Muhammad sekaligus Khalifah terakhir, Ali bin Abi Thalib.

Masjid Ali Bin Abi Thalib didirikan oleh komunitas Muslim di kota tersebut. Usut punya usut, Curitiba merupakan satu dari tiga kota dengan penduduk muslim terbanyak terbanyak di Brasil yakni dua lainnya adalah Sao Paulo dan Iguazu. Agama Islam sendiri masuk ke Brasil saat abad ke-15, yang berasal dari budak-budak Afrika yang dibawa para pelaut Portugis ke sana.

Sejak tahun 1972, Masjid Imam Ali Bin Abi Thalib jadi tempat pusat ibadah umat Muslim di Curitiba. Saat salat Jumat dan salat Ied, masjid ini makin ramai dipenuhi jamaah.

Tampak luar, Masjid Imam Bin Abi Thalib memiliki dua menara dan satu kubah besar. Perlengkapan salat di dalamnya lengkap, serta ada juga tasbih dan Al Quran untuk beribadah. Seluruh karpet di dalam masjidnya adalah karpet Persia.

Meski begitu, Masjid Imam Ali Bin ABi Thalib jauh dari kesan mewah dan megah. Masjid yang cukup sederhana, namun mampu menampung banyak jamaah. Dan di sinilah, Anda bisa mengenal kehidupan masyarakat Muslim Brasil dari dekat.
(detik.com)