Mudik gratis Kemenhub disambut masyarakat

by -5 views

mudikMudik gratis yang digelar Kementerian Perhubungan mendapat sambutan masyarakat.

“Sejak pembukaan hari pertama 1 Juni sampai saat ini sudah ada 418 orang mendaftar mudik gratis dengan moda angkutan darat,” kata petugas informasi Mudik Gratis 2014 Kementerian Perhubungan, Danny Irawan, di Jakarta, Rabu.

Kementerian Perhubungan, seperti dikutip dari laman resminya, menyebutkan, menyediakan 48 unit truk yang dapat mengangkut sekitar 2.400 sepeda motor, serta 96 bus bus untuk mengangkut sekitar 4.800 orang ke sembilan tujuan.

Sembilan tujuan itu yakni Tasikmalaya, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Dari sembilan daerah tujuan tersebut, Solo, Wonogiri, dan Yogyakarta adalah kota yang banyak diminati warga dalam program mudik gratis itu.

“Untuk tujuan Yogyakarta, kuota yang disediakan 400 orang dan sampai hari ini yang mendaftar sudah 196 orang,” ujar Danny.

Tidak hanya moda angkutan darat, ratusan orang juga telah mendaftar untuk mudik gratis menggunakan moda angkutan laut.

“Sampai hari kedua, sudah mencapai ratusan orang. Untuk jalur laut ini pendaftarannya juga bisa dilakukan di Tanjung Priok,” kata petugas Mudik Gratis 2014 untuk jalur laut Rena Sahdan.

Kementerian Perhubungan menyediakan dua kapal Ro-Ro dengan kapasitas 2.000 unit sepeda motor dan 4.000 orang dengan tujuan Cirebon dan Tegal.

Disediakan juga dua kapal laut dengan kapasitas angkut 6.000 unit motor dan 12.000 dengan tujuan Semarang dan Lampung.

Sementara itu salah seorang warga Jakarta, Purwono, menyambut baik program Mudik Gratis 2014 yang diadakan oleh pemerintah.

“Ini tahun ke dua saya ikut program mudik gratis, tapi kalau sekarang bedanya saya mudik bareng istri,” kata Purwono di Gedung Kementerian Perhubungan, setelah mendaftarkan diri mengikuti mudik gratis jalur darat.

Menurut Purwono program itu sangat membantu bagi masyarakat yang biasa melakukan mudik saat Lebaran.

“Sangat bermanfaat sekali. Karena ini bisa mengurangi pengeluaran ongkos mudik Lebaran saya,” katanya yang akan mudik ke Yogyakarta.

Hal senada disampaikan Manat Nainggolan. “Ini jadi alternatif, karena kalau pakai jalur darat pasti macet. Selain itu ini kan gratis,” katanya yang mendaftar mudik gratis lewat jalur laut menuju Semarang.

(Antara)