Tips Makan Hemat Saat Perjalanan Mudik

by -2 views

tips-makan-hematPerjalanan mudik menjadi hal yang harus dilewati ketika ingin menuju kampung halaman. Rasa lapar dan haus terkadang membuat kita merogoh kocek untuk sekedar jajan dan membeli makan. Berikut tips makan hemat saat perjalanan mudik agar kantong tetap terjaga.

1. Bawa bekal dari rumah

Selain lebih hemat, membawa bekal juga lebih terjamin kebersihannya. Bawalah untuk seluruh anggota keluarga. Anda juga bisa menentukan lauk yang akan dibawa sesuai selera. Abon, kering tempe atau teri, dan sereal dapat menjadi pilihan praktis.

2. Bawa air mineral

Membeli air minum kemasan menjadi hal yang sering kita dilakukan. Padahal kita bisa membawa minum dari rumah menggunakan botol sendiri. Dengan tidak terlalu sering mengonsumsi air minum kemasan, kita juga membantu menjaga kelestarian bumi. Bayangkan berapa botol dalam satu hari yang dibuang oleh manusia?

3. Bawa buah-buahan dari rumah

Untuk menjaga kebutuhan akan serat dan vitamin, Anda juga dapat membawa buah dari rumah. Ini akan mengurangi pengeluaran Anda jika harus membeli buah di minimarket dengan harga lebih mahal.

4. Jangan terlalu sering berhenti di minimarket

Ketika istirahat, ada kecenderungan untuk berhenti di minimarket untuk sekedar membeli snack atau minum. Hal ini memicu Anda untuk membeli barang lain yang mungkin tidak Anda butuhkan. Apalagi jika bersama anak-anak yang cenderung memilih jajanan sendiri. Harga di minimarket juga relatif mahal. Oleh karena itu Anda dapat menyiasatinya dengan membeli snack untuk perjalanan di pusat perbelanjaan sebelum mudik.

5. Hindari restoran siap saji

Tips makan hemat saat perjalanan mudik selanjutnya adalah menghindari makanan siap saji. Selain harga yang relatif mahal, faktor kesehatan juga patut menjadi pertimbangan. Sebaiknya Anda membeli makanan di restoran keluarga. Pilihlah makanan yang porsinya dapat dibagi-bagi.

6. Bawa termos

Termos akan sangat membantu ketika Anda butuh air panas untuk menyeduh teh, mie instan dalam kemasan, dan kebutuhan lain. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda membawa termos dalam perjalanan mudik. (Intisari-Online.com)