Tentara Nigeria Melarikan Diri dari Pertempuran dengan Boko Haram

by -3 views

Tentara-NigeriaKamerun mengatakan 480 tentara Nigeria menyeberang perbatasan untuk melarikan diri dari pertempuran dengan kelompok milisi Boko Haram di Nigeria timur laut.

Kepastian itu disampaikan oleh militer Kamerun. Dikatakan tentara Nigeria membelot setelah bertempur melawan milisi Boko Haram di kota Banki.

Setelah masuk ke wilayah Kamerun, tentara Nigeria dilucuti pihak berwenang. “Ini merupakan kasus terbesar yang pernah dilaporkan mengenai tentara Nigeria melarikan diri dari pertempuran,” jelas wartawan BBC di Lagos, Tomi Oladipo.

Hingga kini belum jelas apakah hampir 500 tentara itu berniat kembali ke militer Nigeria atau benar-benar membelot.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan mengatakan tentara masuk ke wilayah Kamerun karena melakukan “manuver taktis” setelah lama bertempur.

Ribuan penduduk Nigeria juga dilaporkan melarikan diri ke Kamerun guna menyelamatkan diri dari serangan Boko Haram di kota lain yang ada di perbatasan, Gamboro Ngala.

Pertempuran di Gamboro Ngala mengalami peningkatan.

Boko Haram mengeluarkan video hari Minggu (24/8/2014) berisi pengakuan bahwa kelompok itu telah mendirikan kekhalifahan di daerah-daerah Nigeria timur laut.

Perlawanan Boko Haram meningkat selama bulan-bulan terakhir meskipun pemerintah menerjunkan ribuan tentara tambahan di daerah-daerah yang dikuasai kelompok itu.(kompas.com)