PT KAI Ikut Bangun Stasiun Kereta Bandara

by -3 views

kereta-bandaraDirektur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan, menyatakan bahwa tahap II pembangunan Terminal Terpadu Bandara Soekarno Hatta akan dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia. “Akhir September ini sudah selesai urusan pembebasan lahan dan langsung dibangun,” kata Hanggoro saat dihubungi, Senin, 8 September 2014.

Menurut Hanggoro, PT KAI akan membangun jalur rel sekaligus stasiun kereta bandara yang dinamakan Stasiun Batu Ceper. Dari stasiun itu nantinya rel terhubung langsung dengan Bandara Internasional Seokarno Hatta. “Panjangnya sekitar 12 kilometer,” kata dia.

Dana pembangunan tersebut akan disiapkan sendiri oleh PT KAI tanpa mengambil dana pemerintah Kota Tangerang. “Total dana proyek terminal terpadu ini mencapai Rp 7 milyar,” kata dia.

Terminal terpadu Tanah Tinggi ini dilengkapi dengan stasiun kereta Batu Ceper, terminal bus antarkota antarprovinsi, angkutan bus dalam kota, terminal angkutan umum, pusat perbelanjaan, restoran, pusat bisnis, ruang terbuka hijau, serta park and ride. “Kami harapkan bisa beroperasi mulai akhir 2015,” kata Hanggoro (tempo.co)