Ratusan Warga Garut Wilayah Selatan Siap Sujud Syukur 3 Hari

by -5 views

sujudRatusan warga Kabupaten Garut wilayah selatan akan bersujud syukur dan berdoa selama tiga hari berturut-turut. Ungkapan syukur dan doa terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Garut Selatan tersebut, rencananya digelar sampai Rapat Paripurna DPR RI mengenai pengesahan DOB di Indonesia, Kamis (25/9).

Ketua Forum Masyarakat Jawa Barat Selatan, Suryaman Anang, mengatakan masyarakat di 142 desa dari 16 kecamatan di kawasan selatan Garut yang tercatat akan masuk ke DOB Kabupaten Garut Selatan sangat antusias menyambut Rapat Paripurna tersebut. Sujud dan doa dalam bentuk istigazah atau pengajian itu digelar di 16 kecamatan tersebut.

“Selama 3 hari berturut turut, masyarakat Garut Selatan akan melakukan sujud syukur dan doa bersama, sampai hari penetapan dilakukan nanti di Jakarta,” ujar Suryaman, Senin (22/9).

Menurut Suryaman, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan rasa terima kasih warga kepada Pemerintah dan DPR RI. Warga, katanya, berharap pemerintahan baru di selatan Garut ini terhindar dari bencana sosial, bencana alam, serta diberikan kemudahan menjalani pemerintahan baru.

Puluhan pemuka masyarakat pun, kata Suryaman, akan berbondong-bondong mendatangi Gedung DPR RI di Jakarta untuk mengikuti sidang.

“Kami menjalani proses pembentukan DOB Garut Selatan selama bertahun-tahun. Kekecewaan dan kemarahan masyarakat sudah terbayang akan muncul jika aspirasinya mengenai pembentukan DOB Kabupaten Garut Selatan tidak dikabulkan,” katanya.

Penentuan gagal atau berhasilnya pengesahan DOB Kabupaten Garut Selatan sebagai (DOB) rencanya dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPR RI bersama dua DOB Jawa Barat, yaitu Bogor Barat dan Sukabumi Utara.

Rapat paripurna tersebut adalah penentuan atau hasil akhir proses pembentukan DOB Kabupaten Garut Selatan yang sebelumnya dikaji oleh Komite I DOB Non-Papua di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Kementerian Dalam Negeri, dan DPR RI.

Awalnya Presidium Masyarakat Garut Selatan memprediksi sidang paripurna tersebut digelar akhir Agustus 2013. Walaupun meleset, Suryaman mengatakan pihaknya bersyukur karena masih dilakukan dalam masa jabatan anggota DPR RI periode 2009-2014 dan di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jika Garut Selatan terbentuk, kecamatan yang akan bergabung dengan DOB baru itu adalah Kecamatan Cikajang, Banjarwangi, Singajaya, Peundeuy, Cihurip, Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Mekarmukti, Caringin, Taleging, Cisewu, Bungbulang, Pakenjeng, Pamulihan, dan Cisompet.

(tribunnews)