Bantu Evakuasi Korban Longsor, SAR Surabaya Terjunkan Tim ke Banjarnegara

by -10 views

longsorbanjarnegaraSebanyak 20 personel dari Kantor SAR Surabaya diterjunkan ke lokasi bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Mereka sudah diberangkatkan menuju ke lokasi pencarian sejak Sabtu pagi kemarin.

“Sabtu pagi sudah kita berangkatkan 13 personel dari kantor SAR Surabaya. Kemudian ada potensi SAR (organisasi pencinta alam yang mendapatkan pembinaan tentang SAR) Gunung Lawu juga sudah berangkat ke lokasi,” kata Kepala Kantor SAR Surabaya M Hernanto, Minggu (14/12/2014).

Ia menerangkan, setelah melihat kondisi kejadian bencana tanah longsor melalui televisi, mantan Kabag Humas Badan SAR Nasional ini langsung berkoordinasi dengan Kepala Kantor SAR Semarang pada Jumat malam. Kemudian, inisiatif sendiri, SAR Surabaya diterjunkan ke lokasi bencana dengan membawa berbagai peralatan pencarian korban seperti live detector (alat untuk mencari titik korban yang masih hidup), pacul, skrop, emergency lihgting, hingga chainsaw (mesin gergaji).

“SAR Surabaya wilayah binaannya Jawa Timur. Tetapi operasi SAR (pencarian korban) tidak ada batas wilayah,” tuturnya sambil menambahkan, tidak hanya SAR Surabaya yang menerjunkan tim ke lokasi bencana, tapi juga dari kantor SAR daerah lainnya.

Mantan Kepala Kantor SAR Bali ini mengatakan, pihaknya juga menyiapkan anggotanya di Surabaya, untuk persiapan pergantian petugas di lapangan.

“Sampai menunggu keputusan di lapangan. Juga melihat kondisinya, karena orang pasti ada titik lelahnya. Manakala kita over, kita tarik yang di lapangan dan memberangkatkan anggota lainnya,” tandasnya.
(detik.com)