Glamping, Berkemah Tak Perlu Repot

by -20 views

Glamourous campingAnda mau berkemah di hutan, tetapi tidak bisa naik gunung karena berbagai alasan? Mungkin bisa mencoba asyiknya berkemah di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor.

Glamping atau singkatan dari Glamourous Camping, salah satu program yang dibuat oleh pengelola Taman Wisata Alam Gunung Pancar untuk mereka yang ingin merasakan mudahnya berkemah.

“Terutama untuk warga kota yang belum pernah camping,” kata Yogi Gandaprawira, Marketing Manager of Gunung Pancar Organizer.

Ya, berkemah di sana tak perlu repot. Pasalnya, pengelola sudah menyediakan tenda. Istirahat Anda juga bakal nyaman lantaran di dalam tenda sudah tersedia kasur busa, karpet dan yang tak kalah penting listrik. Api unggun bakal menghangatkan di malam hari.

Satu tenda berisi dua kasur yang bisa untuk empat orang. Ada empat bantal lengkap dengan selimut. Disediakan pula lampu.

Ada delapan area berkemah di dalam kawasan hutan pinus seluas 640 hektare. Luas tiap area berbeda-beda. Bahkan ada area berkemah yang disediakan fasilitas aula untuk ruang pertemuan lengkap dengan toilet permanen. Khusus untuk rombongan, bisa memakai tenda besar.

Urusan perut jangan khawatir. Pengelola menyediakan paket makanan yang tinggal dimasak. Silakan pilih, ayam atau ikan. Anda bisa bakar sendiri di sekitar tenda. Kalau tak mau repot, ada pegawai yang siap untuk memasaknya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau para sahabat. Anda bisa membawa sepeda untuk menyusuri jalur aspal atau di atas tanah. Agak menguras tenaga untuk menggilas jalanan tanjakan. Sudah sampai di puncak, selanjutnya tinggal menikmati turunan.

Bagi yang mau tracking juga bisa. Jangan khawatir tersesat, ada pemandu yang siap menemani. Udara segar dan pemandangan alam akan menghilangkan penat.

Tujuannya bisa ke kawasan air terjun yang jaraknya kira-kira 3,5 kilometer dari area berkemah. Jika tidak kuat jalan terlalu jauh, bisa juga naik mobil sampai lokasi parkir. Dari sana lalu berjalan sekitar 1,5 kilometer sampai lokasi air terjun.

Ada pula pemandian air panas yang jaraknya sekitar 1 kilometer. Anda bisa merasakan nikmatnya berendam air hangat.

Berapa biayanya? Untuk berkemah dari pagi hingga keesokan hari pukul 14.00 WIB, biayanya Rp 1,6 juta untuk empat orang dalam satu tenda. Harga itu sudah termasuk makan.

Kalau mau hemat, Anda bisa bawa tenda dan makan sendiri. Tinggal membayar biaya masuk taman wisata dan menyewa area. Biaya sewa area paling murah Rp 150 ribu per orang.

“Glamping sangat cocok bagi warga kota yang jenuh dengan suasana kota yang sibuk,” kata Yogi. (kompas.com)