Pantai Potensial di Jabar akan Dibangun Landasan Pesawat Kecil

by -1 views

aherisiSejumlah pantai di Jawa Barat Selatan akan dibangun dermaga untuk memaksimalkan potensi perikanan di masing-masing kawasan. Selain itu, di sejumlah kawasan tersebut juga diusulkan akan dibangun landasan pesawat kecil

Sejumlah pantai potensial tersebut di antaranya yakni Cikidang, Cikalong, Rancabuaya, dan Cidaun.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan, Kamis (11/12/2014). Menurutnya, rencana tersebut mengemuka saat dirinya menghadiri rapat bersama Menteri Koordinator Perekenomian dan Menteri Koordinator Kemaritiman, di Jakarta, Selasa (10/12/2014) lalu.

“Jadi Bu Susi mengusulkan di setiap pelabuhan ikan ada landasan udara,” kata pria yang akrab disapa Aher tersebut.

Aher mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana tersebut, karena menurutnya akan memaksimalkan potensi perikanan di Jabar selatan.

“Meskipun itu ada hubungannya dengan usaha Bu Susi (Susi Air) tapi saya mendung karena itu akan memajukan potensi perikanan,” ucapnya.

Sebagai contoh, lanjut Aher, lobster hasil tangkapan nelayan Cidaun bisa dipasarkan secara luas dan memiliki harga tinggi jika transportasinya mudah diakses.

“Kalau dibawa pakai mobil ke Pangandaran, berapa jaraknya, keburu mati di jalan. Harganya jatuh kalau sudah mati. Kalau pakai pesawat kan tinggal menunggu yang dari Pangandaran menjemput lobsternya,” jelasnya.

Lebih lanjut Aher mengatakan, landasan tersebut hanya diperuntukan pesawat kecil, sehingga pembangunannya pun tidak terlalu rumit.

“Bukan beton, hanya pantai yang dipadatkan sedikit. Kan kalau pesawat kecil, mendarat di lapangan sepak bola juga bisa,” ujarnya.

Selain itu, tambah Heryawan, sebelum dipasarkan ke daerah lain, hasil tangkapan nelayan tersebut akan dibawa ke Pangandaran yang dipilih menjadi sentra perikanan di selatan Jabar.

“Dan ini dampaknya akan bagus bagi para nelayan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

(detik.com)