UI Depok Rencanakan Kampus Steril dari Kendaraan Bermotor

by -20 views

Kampus-Universitas-Indonesia-UIUniversitas Indonesia berencana membuat lingkungan kampus tersebut steril dari kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Rencana sterilisasi kendaraan bermotor tersebut akan diterapkan setelah UI membangun tiga gedung parkir di luar lingkungan kampus.

Pembangunan gedung parkir ini masih dalam tahap perencanaan dan diharapkan mulai dipikirkan dan direalisasikan dalam satu atau dua tahun mendatang.

“Dengan gedung parkir di luar lingkungan kampus, mahasiswa dan dosen atau masyarakat yang datang ke UI harus memarkir kendaraan di gedung parkir tersebut, kemudian menyambung dengan bus kuning atau sepeda yang telah disediakan,” kata Gunawan Tjahjono, peneliti UI GreenMetric, di Kampus UI, Depok, Jumat (16/1/2015), sebagaimana dikutip Warta Kota.

Gedung parkir itu akan dibangun di tiga lokasi, yakni di bagian barat, utara, dan timur. Kapasitas masing-masing gedung sebanyak 3.000 kendaraan. Dengan demikian, total kendaraan yang dapat tertampung sebanyak 9.000 unit.

“Dengan adanya kantong-kantong parkir yang ada sekarang memang tidak baik. Jadi banyak kendaraan yang masuk dan itu sama saja menambah emisi gas karbon,” kata Gunawan.

Menurut Gunawan, satu area parkir itu memerlukan lahan sekitar 25 meter persegi. Kantong parkir itu banyak terdapat di tiap fakultas dan gedung di lingkungan kampus UI. Jika nanti ada bangunan parkir di tiga titik itu, maka tidak diperlukan lagi kantong parkir yang banyak.

“Konsepnya kan mengurangi emisi, sambil juga mensterilisasi parkir para penghuni rumah kos di dekat pintu keluar agar tidak parkir juga di UI,” ujarnya.

Kalaupun ada kendaraan yang terpaksa harus masuk ke lingkungan kampus, maka akan disiasati dengan sistem pembayaran sesuai waktu parkir. Saat ini sistem parkir kendaraan masih berlaku flat. Untuk roda empat dikenakan Rp 2.000 tiap kali masuk dan Rp 1.000 untuk roda dua. “Nantinya akan diberlakukan tarif per jam,” katanya.

Ia mengakui bahwa sterilisasi UI dari kendaraan bermotor itu memerlukan waktu. Langkah ini juga harus dibarengi dengan sistem transisi yang baik. Hal itu supaya kebijakan ini disambut baik oleh mahasiswa dan sivitas akademika UI dengan tujuan menjadikan UI kampus yang hijau dan asri.

“Saat ini kami sudah memiliki sepeda. Jadi nanti mereka bisa menggunakan sepeda untuk menyambung ke fakultas atau tempat tujuan lainnya,” katanya.

(kompas.com)