Warga Diminta Waspada, Ada 212 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang

by -3 views

pohonDari  14.275 pohon di Kota Bogor, tercatat ada 212 pohon rawan tumbang.  Pohon – pohon yang rawan tumbang tersebut berdiri dipinggir jalan di wilayah Kota Bogor  diantaranya di Jalan Padjajaran, Jalan Juanda, Jalan Pemuda, Jalan Dadali, Jalan Sumeru, dan Jalan Ahmad Yani.

Sejauh ini, Pemerintah Bogor telah menebang sebagian pohon tua yang rawan tumbang.  Namun, diakui Walikota Bogor Bima Arya,  bahwa penebangan pohon tua  belum semuanya karena keterbatasan tenaga penebang pohon.

Bima mengimbau kepada  masyarakat agar berhati-hati saat melintasi kawasan itu. Warga yang membawa dihimbau untuk tidak berteduh dibawah pohon saat hujan turun,  Dan, kepada yang membawa kendaraan bermotor  untuk tidak memarkinannya di bawah pohon tua dan besar karena bisa saja tiba-tiba tertimpa.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor telah memberi tanda pada pohon tua, besar, dan rawan tumbang yang belum ditebang.  “ Warga diminta melaporkan jika menemukan ada pohon yang rawan tumbang, “ kata Bima

Terkait  tumbangnya pohon tumbang yang telah menewaskan pengunjung Kebun Raya Bogor (KRB) Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, mengatakan peristiwa di Kebun Raya Bogor  merupakan musibah yang menimbulkan keprihatinan bagi pemerintah Kota Bogor.

“Kita akan akan segera mengidentifikasi (pohon-red) meminta revisi dari Kebun Raya dan juga IPB, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi.

Sementara terkait keluarga korban akibat tumbangnya pohon di KRB, Pemkot Bogor siap memfasilitasi para korba, bekerja sama dengan pihak KRB dan Jasa Raharja.  “Kita siapkan armada untuk membawa korban-korban ini pulang ke rumah masing-masing. Serta mengupayakan perawatan seluruh korban terpusat di RS PMI,” kata dia.

(bogornews)