Ada Tongkang Terdampar, Puluhan Nelayan Tidak Bisa Melaut

by -2 views

tongkangPuluhan nelayan tidak biasa melaut  karena ada  kapal tongkang ukuran besar terdampar di muara sungai Citarum, tepatnya di  Pantai Desa Pantaimekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sejak empat hari lalu.

Kapal tongkang yang belum diketahui siapa pemiliknya itu menutup muara sehingga kapal nelayan tak bisa keluar. “Sudah tiga hari kami menganggur, tidak bisa melaut karena muara tertutup tongkang,” kata seorang nelayan, Maman.

Ia mengatakan, kapal tongkang berukuran sekitar 100 X 50 meter tersebut terdampar sejak Minggu pagi. Awalnya tongkang berada di tengah, kemudian menepi karena terdorong angin hingga menutup muara. “Ada seratusan kapal di muara milik nelayan enggak bisa keluar,” katanya.

Padahal menurut dia, ratusan warga di sana menggantungkan hidupnya di laut. Dengan adanya kapal tongkang yang menutup itu, perekonomian warga menjadi lumpuh.

Sampai saat ini, warga tak mengetahui pemilik tongkang tersebut. Diduga, tongkang itu dari luar jawa menuju Cilincing, Jakarta Utara. Tongkang itu tak dapat dievakuasi karena tidak ada kapal tug boat untuk menarik dan mendorong tongkang.

“Biasanya tongkang yang lewat sini mengangkut batu bara. Tapi ini kosong,” kata Samsul, warga lain.

(Poskota)