Mengunjungi Penangkaran Rusa di Ranca Upas Bandung Selatan

by -10 views

rusa-ranca-upas1Ranca Upas pun tak kalah dengan objek wisata lain di Bandung Selatan yang rata-rata menonjolkan keindahan alam yang menawan, eksotis, dan susah dilupakan. Jika ke Ranca Upas, maka pemandangan hutan alam dan hutan tanaman akan mendominasi pandangan mata setiap pengunjungnya.

Wilayah Ranca Upas memiliki ciri-ciri udara pegunungan yang sejuk serta dominasi lingkungan hutan yang masih asri dan lestari. Kondisi demikian tentu membuat lokasi Ranca Upas banyak mendapatkan perhatian dari para wisatawan. Maka tak heran ketika liburan sekolah, libur akhir pekan atau libur hari-hari raya Ranca Upas selalu dipenuhi oleh wisatawan yang menginginkan menikmati suasana dan nuansa pegunungan yang indah.

Kapan tepatnya lokasi ini dijadikan sebagai tempat reakreasi bagi para wisatawan? Sekitar tahun 1980-an Ranca Upas telah menjadi tempat rekreasi dan perkemahan. Di daerah ini ada areal seluas tiga hektar yang digunakan untuk penangkaran rusa. Hal demikian tentu menjadikan Ranca Upas memiliki poin plus dibandingkan objek wisata lain.

Para pengunjung pun bisa menyaksikan secara langsung dari jarak yang tak terlalu jauh ketika sang pawang memberikan makan rusa-rusa di areal penangkaran tersebut. Biasanya ketika sang pawang hendak memanggil sang rusa maka akan melakukan siulan sebagai tanda yang sudah tak disangsikan oleh para rusa tersebut. Dan dalam tempo tak berapa lama kawanan rusa pun akan berkumpul.

Begitu mendengar tanda dari sang pawang, rusa-rusa biasanya akan segera datang, keluar dari tempat persembunyiannya. Selain makan rumput dan air, rusa juga sangat suka makan umbi-umbian, seperti ubi dan singkong. Waktu makan bagi rusa-rusa ini setiap pukul dua siang. Kalau bukan saat jam makan, rusa-rusa ini tidak akan keluar, bersembunyi di bawah rimbunnya semak semak.

Rusa jantan bertanduk panjang dan lebih sering menampakan diri. Sedangkan rusa betina, tidak bertanduk dan lebih sering bersembunyi bersama anak-anaknya.

Areal penangkaran rusa Ranca Upas berjarak tempuh dari Pangalengan sekitar 15 km dan dari Bandung 56 km dengan kondisi jalan beraspal. Ranca Upas termasuk wisata yang berada di kawasan Bandung Selatan, Jawa Barat. Letaknya di dekat perkebunan teh Rancabali di kaki Gunung Patuha, Ciwidey, Jawa Barat. (bandung.panduanwisata.id)