PLN Sebut Matinya Pompa di Waduk Pluit Adalah Resiko untuk Keselamatan Umum

by -3 views

jokoMatinya listrik yang menyuplai tenaga mesin pompa Waduk Pluit, Senin (9/2/2015) adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia pelistrikan. Jika tidak beroperasinya pompa yang menyebabkan Waduk Pluit meluap dan banjir, itu disebut sebagai resiko yang harus diambil.

“Kalau ada dampak (dari mematikan aliran listrik), ya itu resiko. Di seluruh dunia juga seperti itu,” kata General Manager PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Haryanto WS, Rabu (11/2/2015).

Haryanto pun mengakui bahwa pihaknya memilih mematikan aliran listrik ketimbang tetap menyalakannya sehingga membahayakan warga di daerah banjir. Adapun jaringan listrik untuk pompa Waduk Pluit terhubung dengan daerah lain, seperti gardu di Muara Baru ujung yang sudah dikabarkan terendam banjir.

Menurut Haryanto, dengan berpegang pada prosedur keselamatan PLN, dalam kondisi salah satu jaringan terendam banjir, maka yang harus diutamakan adalah keselamatan umum dan personal. Keselamatan umum menyasar kepada warga, sedangkan keselamatan personal adalah bagi petugas gardu. (kompas.com)