Buat mobil formula Garuda F15, Tim UNY incar juara di Jepang

by -10 views

unyTim Mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT) membuat mobil formula untuk mengikuti perlombaan Student Formula Japan (SFJ) di Jepang. Ketua Umum delegasi 2015 SFJ Bondan Prakoso mengatakan, perlombaan formula tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari sejumlah negara Asia dan Eropa.

“Kami sudah terdaftar secara resmi di 2015 Student Formula Japan. Kami mendapat nomer mobil 76, Saat ini kami membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan sangat terbuka untuk kerjasama sponsorship,” Ujar Bondan Prakoso dalam keterangan tertulis yang diterima merdeka.com, Rabu (18/3).

Keikutsertaan Garuda UNY Racing Team di Jepang didukung oleh Garuda Indonesia, Garuda Cargo, PT Kawan Lama Sejahtera, Indonesia Steel Tube Works (ISTW) dan Harian Kompas. Sedangkan mobil formula sendiri dinamai Garuda F15.

“Arti filosofis dari Garuda F15, Garuda adalah lambang negara, , F merupakan Formula dan 15 adalah tahun kompetisi,” ujar Bondan.

“Kami mentargetkan Garuda F15 dapat membawa pulang 5 kategori juara dalam 2015 SFJ, yaitu, Juara kategori best rookie, acceleration, powertrain design, design, dan dapat menempati posisi 10 besar,” imbuhnya.

Sementara Ketua Tim Teknis delegasi 2015 SFJ menambahkan, pembuatan mobil formula didesain sesuai dengan ketentuan dalam regulasi 2015 formula SAE dan local rule dari SFJ. Setelah proses pembuatan desain selesai, kata dia, maka akan dilanjutkan untuk proses manufaktur.

Manufaktur chassis sekitar 3 minggu. Pengerjaan dengan divisi chassis dilakukan oleh 2 mahasiswa. Setelah manufaktur chassis selesai proses manufaktur dilanjutkan pada sistem pemindah tenaga (SPT), lama pengerjaan dari SPT sekitar 3 minggu. Kata Ninda Kurniadi.

Ninda menambahkan, Garuda F15 menggunakan engine Husqvarna SM630 dengan engine displacement 600cc. Proses pengerjaan kustom engine menghabiskan waktu sekitar 1 bulan. Pengerjaan engine membutuhkan waktu cukup lama karena pada sistem engine diperlukan riset yang cukup banyak.

(Merdeka)