Cegah Begal, 800 Titik di Bekasi Diterangi Lampu

by -5 views

bekasiLampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang di 800 titik jalan di Kabupaten Bekasi. Tidak hanya untuk menerangi jalan, ratusan PJU itu dipasang untuk mengantisipasi aksi pembegalan.

“Sebanyak 800 titik PJU akan kami pasang dalam waktu dekat ini untuk mengantisipasi aksi kriminalitas,” ujar Kepala Bidang PJU, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kabupaten Bekasi, Dicky Candra, Jumat 27 Maret 2015.

Dia menjelaskan, penetapan lokasi pemasangan PJU disesuaikan dengan usulan Polresta Bekasi dan masyarakat Kabupaten Bekasi. “Penambahan lampu itu dilakukan di sekitar delapan kecamatan,” ujarnya.

Lokasi pemasangan PJU antara lain Cikarang dan wilayah utara Kabupaten Bekasi, semisal Babelan, Sukatani.

Dia memaparkan, pembiayaan penambahan 800 titik lampu PJU itu dibagi dalam dua alokasi anggaran. Dari APBD murni sebesar Rp3 miliar. Anggaran sebesar itu untuk PU di 300 titik. Sementara anggaran yang kedua adalah
berasal dari dana Anggaran Biaya Tambahan 2015 sebesar Rp4 miliar untuk 500 titik lampu PJU baru.

“Dibangun tahun ini hingga akhir tahun,” tegasnya.

Dia menjelaskan prioritas lokasi pemasangan PJU antara lain sisi Jalan Kalimalang, jalan penghubung desa dengan jalan protokol, termasuk jalur penghubung sepanjang jalan antara Bekasi dan Karawang.

(sindonews)