BNN Kembali Temukan Tanaman Khat Di Puncak

by -4 views

khatBadan Narkotika Nasional (BNN) kembali menemukan ladang tanaman khat (catha edulis, ghat, miira) yang berada di dua titik lokasi di Puncak, Kabupaten Bogor. Setelah dilakukan pencabutan didua lokasi tersebut, terdapat sekitar 500 tanaman khat. Dari hasil penyitaan, tanaman tersebut langsung dimusnahkan BNN, hari ini.

Lokasi pertama terletak di kawasan Villa Ever Green, Tugu Utara, Bogor. Di tempat tersebut tanaman dibuat dalam formasi menyerupai pagar dengan panjang keliling sekitar 50 meter. Sedangkan titik Iokasi kedua di dekat Villa Okem, tidak jauh dari sungai Desa Ciburial.

“Secara fisik, khat menyerupai tanaman perdu yang tingginya dapat mencapai 3 meter. Kemudian memiliki panjang daun 5 -10 cm dengan lebar1 – 4 cm,” kata Direktur Narkotika BNN, Sugiyo saat pemusnahan tanaman.

Sugiyo menuturkan, temuan tanaman ini adalah hasil penyelidikan BNN dengan pihak terkait seperti kepolisian, TNI dan Pemerintah setempat. Pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak tersebut karena diduga masih banyak penyebaran tanaman tersebut di wilayah Puncak.

Beberapa tahun lalu tanaman Khat sempat menjadi pemberitaan ramai di media massa. Pada saat itu banyak ditemukan masyarakat di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor yang menanam jenis tanaman ini.

Dari hasil uji iaboratorium yang dilakukan oleh BNN, khat mengandung Katinona dalam waktu 48 jam pasca dipetik.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Katinona masuk sebagai Narkotika Golongan 1,” ungkapnya.

Hingga saat ini, pihak BNN sendiri tengah menyelidiki kepemilikan tanaman tersebut. Hasil keterangan sementara diketahui tanaman tersebut ditanam oleh penjaga vila bernama Agus.

“Kita masih terus menyelidiki jika dia tidak mengetahui bahayanya maka kita akan berikan sosialisasi. Namun jika terbukti dirinya dengan sengaja bahkan memperjualbelikan maka akan kita proses sesuai undang undang,” pungkasnya.

Tanaman khat mempunyai efek seperti narkotika, yaitu membuat penggunanya merasakan euforia berlebihan. kehilangan selera makan dan kecanduan. Tanaman ini biasanya dikonsumsi dengan cara dikunyah. Khat banyak digunakan di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

(Berita satu)