Ini Dia Kuliner Khas Ceker yang Selalu Diburu Warga Bandung

by -42 views

cekerSudah cukup familiar dengan ceker? Iya, ceker ini adalah kaki ayam yang juga diolah untuk makanan. Sebenarnya, makanan ini sudah cukup familiar ditemui di angkringan, atau di mie baso yang bisa kita temui di pinggir jalan. Akan tetapi, belakangan bermunculan tempat makan yang menyajikan ceker dengan sajian berbeda. Berikut, beberapa diantaranya.
1. Ceker Midun
Terletak di Jl. Singaperbangsa No. 103C Bandung, tempat ini menyajikan ceker sebagai menu utamanya. Disini, kamu bisa menemukan sajian ceker yang direbus ataupun digoreng dengan rasa pedas atau asin. Tetapi, ada tiga menu yang paling recommended disini, yaitu Cekeran Talaga Bodas, Cekeran Lapindo, dan Cekeran Setan Merapi. Untuk mendapatkan seporsinya cukup merogoh kocek sekitar Rp14.000-16.000. Selain menu ceker, disini juga menyajikan menu sayap ayam loh. Untuk menu selain ceker, harganya berkisar Rp4.000-25.000. Kamu juga bisa memilih seberapa pedas ceker yang ingin kamu nikmati. Setiap levelnya dinamai berdasarkan nama gunung-gunung di Indonesia, seperti Manglayang yang tidak terlalu pedas, Tangkuban Perahu, Gunung Kelud, sampai level Krakatau yang paling pedas.
Tahu nggak? Ternyata dalam satu hari, Ceker Midun menghabiskan sekitar 20kg ceker! Karena tempat ini cukup ramai, sebaiknya kamu meluangkan waktu yang cukup karena pada jam-jam tertentu disini tempatnya suka penuh. Tidak jarang kamu harus mendaftar di waiting list jika hari itu sedang penuh.
2. Ceker Setan
Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak kalo mereka mendagangkan ceker dengan rasa yang sangat pedas! Untuk menu ceker, kamu bisa menemukan beberapa opsi dengan range harga Rp16.000-17.000, sedangkan untuk menu sayap seharga Rp18.000. Dari lima pilihan menu ceker yang disajikan,mayoritas berbumbu kuah pedas. Tapi, ada satu menu baru yang paling beda, yaitu ceker bumbu rujak. Ceker ini digoreng krispi, tetapi didalamnya sangat lembut sehingga tidak sulit untuk dimakan. Ditambah rasa bumbu rujaknya yang asem pedas tapi segar! Untuk menikmati ceker setan ini, kamu bisa langsung ke Jalan Dipati Ukur no. 96, lokasinya persis depan Indomaret point Dipati Ukur.
3. Mie Merapi
Buat kamu yang doyan olahan mie dengan sajian yang berbeda, bisa banget buat ke Mie Merapi yang terletak di Jl. Pahlawan no. 24 dan di Jl Dipatiukur no. 60. Sajian utama disini memang Mie, tetapi, cekernya nggak kalah enak. Rasa Ceker disini pedas, tetapi tidak disajikan dengan kuah. Jadi, setiap helaian cabe dan bijinya langsung kerasa di bibir kamu. Terdapat pilihan Ceker Kuah dan Ceker Merapi seharga Rp12.000 dan Ceker Kuah Bakso dengan harga Rp15.000. Untuk pilihan Ceker Merapi, kamu bisa memilih tingkat pedasnya dalam 5 level. Rasa merapi ini percampuran dari rempah-rempah yang menghasilkan rasa asem, manis, dan gurih sekaligus. Hati-hati dengan rasanya yang cukup pedas, ya!
4. Mie Sabrosa
Meski terbilang baru, tetapi rasa makanan di Mie Sabrosa bisa bersaing dengan restoran mie yang lainnya loh! Meskipun mie disini merupakan salah satu menu utamanya, tetapi disini kamu juga bisa menemukan seblak ceker. Hanya dengan Rp7.500 saja, sajian seblak ceker sudah bisa dinikmati! Rasa yang disajikan pun percampuran antara pedas, gurih, ditambah sedikit asam dari jeruk nipis. Ditambah dengan taburan wijen, bumbu seblak ceker yang agak kental ini nendang abis. Buat menikmati seporsi ceker seblak ini, kamu bisa langsung ke Jl. Sultan Agung no 27.
Setelah membaca ulasan tempat makan ceker diatas, yuk langsung cus berburu kaki-kaki kecil ini. sebelum mereka lari nih!

(Tribunnews)