Dapat Dana Hibah, Pemkot Bandung Bakal Bangun Taman KAA

by -24 views

taman kaaPemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) akan kembali membangun satu taman tematik baru. Taman yang mengusung tema Asia Afrika (Asia Afrika Park) ini, akan menjadi taman ke-15 yang rencananya akan dibangun tahun ini.

“Iya ini taman tematik ke-15 yang akan kita buat setelah taman Ujung Berung. Target kita September Taman Asia Afrika sudah bisa digunakan, kira-kira pas Ulang Tahun Kota Bandung,” janji Kepala Dinas Diskamtam Kota Bandung, Arief Prasetya saat ditemui di Jalan Pandu, Kamis (4/6/2015).

Menurut Arief, selain memperlihatkan identitas negara-negara peserta Konfrensi Asia Afrika, Taman Asia Afrika memiliki keistimewaan bila dibanding dengan Taman Tematik lainnya. Satu diantaranya adalah bersifat edukatif.

“Taman ini memberikan informasi Kota-Kota Asia Afrika, selain itu dari ekologis adanya penyerapan air dan fungsi sosial yang baik. Dimana masyarakat luar dan sekitar, dapat beraktivitas disatu lokasi,” ujarnya.
Masih digodog
Kendati demikian, lanjut Arif, dirinya belum dapat memperlihatkan terkait detail desain Taman Asia Afrika. Pasalnya, desain taman yang bakal dibangun di kawasan Kiaracondong ini masih dalam tahap penggodogan tim wali kota.

“Kita masih menunggu rencana desain. Taman ini didesain langsung oleh timnya pak wali. Desainnya seperti apa saya belum tahu benar, termasuk luas area taman itu sendiri. Tetapi, di sana akan dibangun sebuah kolam dan identitas negara KAA,” ujar dia.

Arief menambahkan, pembangunan Taman Asia Afrika didapat melalui dana hibah. Tetapi lagi-lagi, dia belum dapat mengemukakan besaran dana yang diperlukan untuk pembangunan taman tersebut.

“Lokasinya pas belokan Jalan Jakarta (perempatan) yang lahannya sudah dibongkar itu. Di sana juga akan dibangun perkantoran, perhotelan, pelayanan, apartemen dan lain-lain. Kita menggunakan dana hibah dari pihak ketiga dalam pendanaan,” kilahnya.

Untuk diketahui, melalui aku twitternya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memposting tiga gambar terkait desain Taman Asia Afrika. Sesuai dengan temanya, di atas lahan ini akan dibangun taman taman kecil dari negara negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA). Tak hanya itu, di kawasan tersebut juga dibangun sebuah danau yang didalamnya di pasangi tiang-tiang bendera negara peserta KAA yang telah didesain sedemikian rupa.

“Asia Africa Park di Kiaracondong. hadiah utk warga Kiaracondong/Antapani/Cicadas. Dimulai abis lebaran,” tulis Ridwan Kamil dalam akun twitternya.

(Galamedia)